ANALISIS POTENSI DAN BASIS PENGEMBANGAN TERNAK ITIK DI KABUPATEN BREBES

  • Nunung Noor Hidayat Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Novie Andri Setianto Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Mochamad Sugiarto Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Krismiwati Muatip Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Sri Mastuti Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Oentoeng Edy Djatmiko Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Yusmi Nur Wakhidati Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Rahayu Widiyanti Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Alief Enstein Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Danang Nur Cahyo Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Lis Safitri Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
Keywords: ternak itik, Brebes, trend populasi, LQ, basis pengembangan

Abstract

Ternak itik berkembang pesat di Kabupaten Brebes bahkan merupakan ikon yang terkenal ke luar daerah.  Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Brebes yang merupakan pusat produksi ternak itik di Provinsi Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potensi usaha ternak itik di Kabupaten Brebes ditinjau dari Produksi dan trend nya selama 10 tahun terakhir dan menyusun pemetaan basis pengembangan ternak itik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Data dianalisis menggunakan statistik sederhana berupa nilai rata-rata, frekuensi distribusi, dan tabulasi silang dan dilaporkan secara deskriptif. Teknik analisi regresi linier sederhana digunakan untuk mengetahui trend populasi ternak itik dan teknik analisis LQ (Location Quotients) digunakan untuk menyusun pemetaan basis pengembangan ternak itik. Hasil penelitian menunjukan bahwa populasi ternak itik di Kabupaten Brebes cukup tinggi yaitu sebanyak 315.769 ekor namun kondisi tersebut mengalami penurunan yang cukup signifikan terutama dalam empat tahun terakhir, dengan persamaan trend Y = 586329 -13692 X dan koefisien determinasi sebesar R² = 0,4276.  Basis pengembangan ternak itik di Kabupaten Brebes terdapat di Kecamatan Larangan (11,2499), Bulakamba (3,4678), Brebes (1,8155), Salem (1,5862), dan Losari (1,1157).

References

Anwar, N., S. P. Utama, dan Reswita. 2015. Efisiensi Usaha Pembibitan Itik Modern dan Tradisional pada Skala Rumah Tangga di Kabupaten Lebong. Jurnal AGRISEP. 14 (1): 26-38.
Azis, R. dan D. Kurniawan. 2019. Strategi Peningkatan Kemampuan Peternak Itik Melalui Pelatihan Manajemen Pakan Itik terhadap Kelompok Peternak Itik Hibrida Super di Desa Slorok Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu). 1 (1): 25-31.
Ditjennak, 2017. Data Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan 2017. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Jakarta.
Hidayat, N.N., R. Widiyanti, S. Mastuti, L. Setiana dan Y. N. Wakhidati, 2020. Analysis Of The Potential And Strategy Of Buffaloing Development In Banyumas Regency Seminar Internasional Animal Science and Food Technology (AnSTC). Fakultas Peternakan Unsoed. Purwokerto.
Hidayat, N.N., K. Muatip dan R. Widiyanti, 2021. Developing Beef Cattle in Banyumas Regency: Potentials and Strategies. Animal Production. 23(1): 62-68
Purwantini, D., Ismoyowati and S.A. Santosa. 2015. Pendugaan Nilai Heritabilitas Karakteristik Bobot dan Produksi Telur Itik Tegal. Prosiding Teknologi dan Agribisnis Peternakan untuk Akselerasi Pemenuhan Pangan Hewani (Seri III). ISBN 978-602-1004- 09-8/2015/ 635-639.
Purwantini, D., Ismoyowati and S.A. Santosa. 2018. Potensi Genetik Terkait Dengan Karakteristik Produksi Pada Itik Lokal Di Indonesia. Invited Speaker, Prosiding Seminar Teknologi dan Agribisnis Peternakan VI, Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedriman, Purwokerto.
Santosa, S.I., A. Setiadi dan R.Wulandari, 2013. Analisis Potensi Pengembangan Usaha Peternakan Sapi Perah Dengan Menggunakan Paradigma Agribisnis Di Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali. Buletin Peternakan Vol. 37 (2): 125-135.
Sarpitono, AP. Teguh., N. Nusril, 2017. Strategi Pengembangan Sistem Agribisnis Peternakan Sapi Perah Di Provinsi Bengkulu. UNIB, Bengkulu.
Published
2023-07-23
How to Cite
Hidayat, N., Setianto, N., Sugiarto, M., Muatip, K., Mastuti, S., Djatmiko, O., Wakhidati, Y., Widiyanti, R., Enstein, A., Cahyo, D., & Safitri, L. (2023). ANALISIS POTENSI DAN BASIS PENGEMBANGAN TERNAK ITIK DI KABUPATEN BREBES. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 10, 484-489. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2308
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>