NERACA PERDAGANGAN DAN ANALISIS TREN PERDAGANGAN SUPLEMEN PAKAN TERNAK DI INDONESIA 2015-2020

  • Nabela Adriyanti Alumni Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Danang Nur Cahyo Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
Keywords: neraca perdagangan, analisis tren, suplemen pakan ternak, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui neraca perdagangan suplemen pakan ternak Indonesia dari tahun 2015 sampai 2020 dan proyeksi trennya selama 5 tahun ke depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data sekunder deret waktu. Data penelitian adalah data ekspor dan impor suplemen pakan ternak yang bersumber dari website resmi badan pangan dunia (FAO). Data ekspor dan impor masing-masing terdiri atas kuantitas (ton) dan nilai (1000 USD). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis neraca perdagangan dan analisis tren neraca perdagangan. Akurasi tren terbaik ditentukan berdasarkan nilai Mean Absolute Deviation (MAD) dan Mean Square Deviation (MSD).  Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan kuantitas, neraca perdagangan suplemen pakan ternak Indonesia mulai menuju ke arah positif pada tahun 2019. Secara nilai, neraca perdagangan supelemen pakan ternak berupa neraca perdagangan negatif. Akurasi analisis tren tertinggi didapatkan pada model tren kuadratik. Hasil analisis tren menunjukkan bahwa neraca perdagangan suplemen pakan Indonesia bergerak menuju arah positif. Neraca perdagangan positif akan berdampak positif pada perekonomian negara, sehingga tren tersebut harus tetap dipertahankan. Diperlukan adanya eksplorasi, penelitian dan pengembangan secara berkelanjutan mengenai suplemen pakan ternak berbasis bahan baku lokal untuk dapat meningkatkan ekspor suplemen Indonesia.

References

Aritonang, PA, A Daryanto, dan DS Hendrawan. 2015. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Baku Bungkil Kedelai pada Industri Pakan Ternak di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen. 13(3):474–482.
Astuti, HB, WE Putra, E Fauzi, dan Y Yesmawati. 2020. Pendugaan Model Peramalan Volume Impor Pakan Ternak. Agritepa. Jurnal Ilmu dan Teknologi Pertanian. 7(2):123–129.
D’Este, M, M Alvarado-Morales, dan I Angelidaki. 2018. Amino Acids Production Focusing on Fermentation Technologies–A Review. Biotechnology Advances. 36(1):14–25.
Dhaviyanti, AF, dan M Al Musadieq. 2017. Analisis Gaya Kepemimpinan Lintas Budaya Ekspatriat Korea Selatan (Studi pada Ekspatriat PT Cheil Jedang Indonesia, Pasuruan). Brawijaya University.
Food and Agriculture Organization of the United Nations. 2023. FAOSTAT statistical database. Rome.
Gunawan, M. 2020. Upaya Pemenuhan Permintaan Premix di PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk dengan Perencanaan Agregat. Jurnal Titra. 8(2).
Iriyanti, N dan S Suhermiyati. 2015. Pemanfaatan Susu Afkir Sebagai Probiotik dan Aplikasinya dalam Pakan Terhadap Profil Hematologis dan Lemak Darah Ayam Broiler. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Agribisnis Peternakan (Seri III): Pengembangan Peternakan Berbasis Sumberdaya Lokal untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.
Kementerian Pertanian. 2019. Sederhanakan Perizinan, Kementan Tingkatkan Investasi dan Ekspor Obat Hewan. Retrieved from https://ditjenpkh.pertanian.go.id/berita/951-sederhanakan-perizinan-kementan-tingkatkan-investasi-dan-ekspor-obat-hewan
Kementerian Pertanian. 2020a. Kementan Ekspor Bahan Baku Obat Hewan Sediaan Premiks ke Eropa dan Asia. Retrievedfrom https://ditjenpkh.pertanian.go.id/berita/1226-kementan-ekspor-bahan-baku-obat-hewan-sediaan-premiks-ke-eropa-dan-asia
Kementerian Pertanian. 2020b. Kementan Lepas Ekspor Premix Vitamin ke India di Tengah Pandemi, Buktikan Gratieks Efektif. Retrieved from https://ditjenpkh.pertanian.go.id/berita/1220-kementan-lepas-ekspor-premix-vitamin-ke-india-di-tengah-pandemi-buktikan-gratieks-efektif
Mastuti, S, NN Hidayat, R Widiyanti, E Yuwono, DN Cahyo, K Muatip, NA Setianto, M Sugiarto, L Safitri, dan A Einstein. 2023. Elasticity Analysis of Production Cost Against Income of Broiler Business with Open-House and Closed-House System in Banyumas Regency. Animal Production. 25(1):51–59.
Maulana, Y, Y Mauludin, dan E Gunadhi. 2014. Analisis Usaha Peternakan Ayam Ras Pedaging (Broiler) dengan Pola Kemitraan (Studi Kasus Di Peternakan Bu Lilis Rancamidin, Cibodas). Jurnal Kalibrasi. 12(1).
Monoarfa, H, dan E Taqwa. 2015. Strategi Peningkatan Nilai Tambah dan Pendapatan Nelayan Tangkap Berbasis Tepung Ikan untuk Meraih Potensi Pasar Pakan Ternak Unggas sebagai Upaya Mengurangi Ketergantungan Impor Tepung Ikan di Indonesia (Produksi Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah). Jurnal Aplikasi Manajemen. 13(1):44–55.
Nedeljković, M dan V Potrebić. 2020. Forecasting of apple production in the Republic of Srpska. Western Balkan Journal of Agricultural Economics and Rural Development (WBJAERD). 2(2322-2020–1498):21–29.
Rizkuna, A, U Atmomarsono, dan D Sunarti. 2014. Evaluasi Pertumbuhan Tulang Ayam Kampung Umur 0-6 Minggu dengan Taraf Protein dan Suplementasi Lisin dalam Ransum. J. Ilmiah dan Teknologi Peternakan. 3(3):121–125.
Santoso, ZB, ET Sudjani, dan A Andaka. 2017. Analisis Biaya Produksi Peternakan Ayam Petelur Di Kabupaten Tulungagung (Studi Kasus di Dofir Layer Farm). AVES. Jurnal Ilmu Peternakan. 11(1):4.
Sjofjan, O, dan IH Djunaidi. 2016. Pengaruh Beberapa Jenis Pakan Komersial Terhadap Kinerja Produksi Kuantitatif dan Kualitatif Ayam Pedaging. Buletin Peternakan. 40(3):187.
Tsaniyah, L, H Hardjomidjojo, dan S Raharja. 2017. Desain Proses Keamanan Pangan pada Sistem Manajemen Industri Pakan Unggas. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. 27(2).
Tulsian, PC, dan B Jhunjhnuwala. 2016. Business Statistic A Self-Study Textbook. New Delhi, India: S. Chandd Publishing.
Tumion, B, VVJ Panelewen, A Makalew, dan B Rorimpandey. 2017. Pengaruh Biaya Pakan dan Tenaga Kerja Terhadap Keuntungan Usaha Ayam Ras Petelur Milik Vony Kanaga di Kelurahan Tawaan Kota Bitung (Study Kasus). Zootec. 37(2):207–215.
Widodo, E. 2017. Ilmu Bahan Pakan Ternak dan Formulasi Pakan Unggas. Universitas Brawijaya Press.
Published
2023-07-23
How to Cite
Adriyanti, N., & Cahyo, D. (2023). NERACA PERDAGANGAN DAN ANALISIS TREN PERDAGANGAN SUPLEMEN PAKAN TERNAK DI INDONESIA 2015-2020. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 10, 85-91. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2226
Section
Articles