PERSEPSI ANGGOTA KELOMPOK PETERNAK SAPI PERAH TERHADAP PERAN PENYULUH DI KABUPATEN MAGELANG

  • Duta Alfalah Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Novie Andri Setianto Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Krismiwati Muatip Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
Keywords: peran penyuluh, kelompok peternak

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi anggota kelompok peternak sapi perah terhadap peran penyuluh di Kabupaten Magelang.  Sasaran penelitian ini adalah anggota kelompok peternak sapi perah di Kabupaten Magelang dengan jumlah sampel sebanyak 122 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode Stratified Random Sampling dengan strata kelompok peternak sapi perah yang aktif, moderat, dan tidak aktif. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan melakukan wawancara menggunakan kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis  menggunakan  statistik  deskriptif, One Way Anova, dan Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi anggota kelompok peternak aktif berada pada kategori tinggi, kelompok peternak moderat dan tidak aktif berada pada kategori sedang. Hasil uji t One Way Anova pada rataan nilai persepsi peternak terhadap peran penyuluh sebagai motivator, inovator, fasilitator, dan komunikator menunjukkan adanya perbedaan yang nyata pada nilai antar masing-masing kategori kelompok. Hasil uji rank spearman menunjukkan bahwa umur peternak pada kelompok peternak aktif memiliki hubungan nyata dengan persepsi peternak, selanjutnya umur, pendidikan, dan pengalaman pada kelompok peternak moderat memiliki hubungan nyata dengan persepsi peternak, serta pada kelompok peternak tidak aktif karakteristik umur dan pendidikan peternak memiliki hubungan yang nyata dengan persepsi peternak terhadap peran penyuluh.

References

Badan Pusat Statistik. 2022. Analisis Profil Penduduk Indonesia. https://www.bps.go.id/publication/2022/06/24/ea52f6a38d3913a5bc557c5f/analisis-profil-penduduk-indonesia.html. Diakses pada tanggal 3 Juni 2023.
Ellung, A, Yusriadi, A Erna, dan Harsani. 2021. Tingkat Partisipasi Anggota Kelompok Tani di Kelurahan Malakke Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo. Jurnal Agrisistem: Seri Sosek dan Penyuluhan. 17(1):36-41.
Makmur, M, H Syam, dan L Lahming. 2019. Peran Penyuluh Pertanian terhadap Peningkatan Kompetensi Petani dalam Aktivitas Kelompok Tani di Desa Rea Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar, Makassar.
Marbun, DN, S Satmoko, dan S Gayatri. 2019. Peran Penyuluh Pertanian dalam Pengembangan Kelompok Tani Tanaman Hortikultura di Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 3(3):537–46.
Maulida, NS, H Nuryaman, dan NR Mutiarasari. 2022. Correlation Between Agricultural Extension Role and Farmer Participation with the Work Productivity of Minapadi Farmers. Mahatani. 5(2):418-436.
Muatip, K, H Purwaningsih, A Priyono, M Nuskhi, L Setiana, dan AP Putra. 2019. The Correlation of the Age and Length of Stay with the Compliance of Beef Cattle Farmers Norms (Case Study) in Final Waste Disposal of Jatibarang, Semarang City. Animal Production. 21(3):148-156.
Prasetya, NR dan S Putro. 2019. Hubungan Tingkat Pendidikan dan Umur Petani dengan Penurunan Jumlah Rumah Tangga Usaha Pertanian Sub Sektor Tanaman Pangan di Desa Meteseh Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Edu Geography. 7(1):48-56.
Raharjo, S, ES Rahayu, dan SH Purnomo. 2018. Analisis Keuntungan Usaha Beternak Puyuh di Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian UNS Tahun 2018, Surakarta, Indonesia.
Setiyowati, T, A Fatchiya, dan S Amanah. 2022. Pengaruh Karakteristik Petani terhadap Pengetahuan Inovasi Budidaya Cengkeh di Kabupaten Halmahera Timur. Jurnal Penyuluhan. 18(2):208–218.
Soekanto, S. 2002. Teori Peranan. Bumi Aksara, Jakarta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta, Bandung.
Wibowo, A. 2020. Strategi Ketahanan Pangan Masa New Normal Covid-19. Prosiding Seminar Nasional dalam Rangka Dies Natalis ke-44 UNS Tahun 2020, Surakarta, Indonesia.
Published
2023-07-23
How to Cite
Alfalah, D., Setianto, N., & Muatip, K. (2023). PERSEPSI ANGGOTA KELOMPOK PETERNAK SAPI PERAH TERHADAP PERAN PENYULUH DI KABUPATEN MAGELANG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 10, 96-104. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2231
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)