PERSEPSI PEMBELI HEWAN KURBAN PADA IDUL ADHA DI TENGAH KONDISI WABAH PENYAKIT TERNAK, STUDI KASUS KABUPATEN BANJARNEGARA

  • Danang Nur Cahyo Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Krismiwati Muatip Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Lis Safitri Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
Keywords: hewan kurban, idul adha, penyakit ternak, persepsi, Kabupaten Banjarnegara

Abstract

Wabah penyakit ternak ruminansia yaitu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dapat menimbulkan beragam persepsi dari masyarakat, khususnya bagi pembeli hewan kurban untuk hari raya Idul Adha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan persepsi pembeli hewan kurban terhadap PMK di Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan metode survey di tiga kecamatan, antara lain Kecamatan Rakit, Kecamatan Mandiraja, dan Kecamatan Bawang. Sampling dilaksanakan dengan metode simple random sampling dan diperoleh 61 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara menggunakan seperangkat kuesioner yang pertanyaannya terarah pada pengetahuan pembeli hewan kurban tentang PMK, metode pemilihan hewan kurban dalam kondisi wabah PMK, dan metode pengadaan hewan kurban. Data yang didapatkan dari penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembeli ternak kurban memiliki pengetahuan yang tinggi tentang penyakit ternak. Pembeli hewan kurban memiliki persepsi pada level sedang pada variable pemilihan hewan kurban dan pengadaan hewan kurban. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembeli hewan kurban memiliki pengetahuan tentang hewan kurban yang sehat dan akan berhati-hati dalam memilih dan membeli hewan kurban di tengah kondisi wabah penyakit ternak. Penjual hewan ternak direkomendasikan untuk menjaga kesehatan ternaknya diantaranya melalui vaksinasi dan penerapan biosekuriti.

References

Abdullah, M. 2016. Qurban: Wujud Kedekatan Seorang Hamba dengan Tuhannya. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 14(1):109–116.
Dharmawibawa, ID, A Imran, I Royani, dan S Santika. 2022. Sosialisasi Pemberian Vaksin PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) dan Pemasangan Ear Tag Kolaborasi Bersama UPT Peternakan dan Pertanian Praya Tengah. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 7(4):748–755.
Faisol, A. 2023. Analisis Pemikiran Asy-Syafi’iyah dalam Berkurban pada Masa Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Madura. Jurnal Al-Hakim: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Studi Syariah, Hukum Dan Filantropi. 5(1):41–60.
Firman, A, I Trisman, dan RH Puradireja. 2022. Dampak Ekonomi Akibat Outbreak Penyakit Mulut dan Kuku Pada Ternak Sapi dan Kerbau di Indonesia Economic Impact of Foot and Mouth Diseases Outbreak on Cattle and Buffalo in Indonesia. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 8(2):1123–1129.
Gannika, L dan EE Sembiring. 2020. Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Perilaku Pencegahan Coronavirus Disease (Covid-19) pada Masyarakat Sulawesi Utara. NERS Jurnal Keperawatan. 16(2):83–89.
Joshi, A, S Kale, S Chandel, dan DK Pal. 2015. Likert Scale: Explored and Explained. British Journal of Applied Science and Technology. 7(4):396.
Mahfud, C. 2014. Tafsir Sosial Kontekstual Ibadah Kurban dalam Islam. Humanika. 14(1).
Maulana, A, A Nazir, RM Candra, S Sanjaya, dan F Syafria. 2023. Clustering Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku Menggunakan Algoritma K-Means. Journal of Information System Research (JOSH). 4(3):894–902.
Muhammad, EY. 2019. Hubungan Tingkat Pendidikan Terhadap Kejadian Tuberkulosis Paru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada. 8(2):288–291.
Mulyani, WP. 2016. Dinamika Kesejahteraan Penduduk di Banjarnegara. Majalah Geografi Indonesia. 30(1):96–103.
Nuradji, H, RMA Adjid, dan N Nirmalasanti. 2017. Evaluasi Tiga Prosedur Penyiapan Sampel Daging untuk Deteksi Penyakit Mulut dan Kuku dengan Uji RT-PCR. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner.158–165.
Pal, M. 2018. Foot and Mouth Disease: A Highly Infectious Viral Zoonosis of Global Importance. J Appl Microbiol Biochem. 2(3):12.
Rohma, MR, A Zamzami, HP Utami, HA Karsyam, dan DC Widianingrum. 2022. Kasus Penyakit Mulut dan Kuku di Indonesia: Epidemiologi, Diagnosis Penyakit, Angka Kejadian, Dampak Penyakit, Dan Pengendalian. Conference_Proceeding_Series. 3:15–22.
Sadali, MI, F Intizhar, dan A Aisyah. 2017. Analisis Ketersediaan Fasilitas Sosial di Kabupaten Banjarnegara, sebagai Pendukung Kondisi Darurat Bencana dan Pengembangan Wilayah. Media Komunikasi Geografi. 18(2):128–145.
Salsabila, ZP, FA Zahwa, LS Muthi’ah, NF Affifa, dan AB Prayogo. 2023. Socialization About Prevention and Treatment of Foot and Mouth Diseases (Fmd) In Picisan Tulungagung. Randang Tana-Jurnal Pengabdian Masyarakat. 6(1):71–79.
Sarsana, IN dan IM Merdana. 2022. Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku pada Sapi Bali di Desa Sanggalangit Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng-Bali. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(5):447–452.
Silitonga, RJP. 2017. Ancaman Masuknya Virus Penyakit Mulut dan Kuku Melalui Daging Ilegal di Entikong, Perbatasan Darat Indonesia dan Malaysia. Jurnal Sain Veteriner. 34(2):147–154.
Solikin, N, S Andaruisworo, E Yuniati, A Tanjungsari, MA Yusuf, dan HM Yasin. 2023. Geliat Usaha Peternakan Sapi Rakyat Pasca Wabah Penyakit Mulut dan Kuku di Kabupaten Kediri. Ammer: Journal Of Academic and Multidicipline RESEARCH. 2(03):59–64.
Sudarsono, RPE. 2022. Kajian Epidemiologi Kejadian Diduga Penyakit Mulut dan Kuku di Kabupaten Lamongan Epidemiological Study of Suspected Occurrence of Foot and Mouth Disease in Lamongan Regency. Journal of Basic Medical Veterinary. 11(1):56–63.
Published
2023-07-23
How to Cite
Cahyo, D., Muatip, K., & Safitri, L. (2023). PERSEPSI PEMBELI HEWAN KURBAN PADA IDUL ADHA DI TENGAH KONDISI WABAH PENYAKIT TERNAK, STUDI KASUS KABUPATEN BANJARNEGARA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 10, 77-83. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2223
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)