FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARASITISME GASTROINTESTINAL PADA AYAM PEDAGING DI KECAMATAN SUMBANG, KABUPATEN BANYUMAS

  • Diana Indrasanti Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Mohandas Indradji Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Muhamad Samsi Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Endro Yuwono Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Annistia Rahmadian Ulfah Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: parasitisme gastrointestinal, ayam pedaging, Kecamatan Sumbang

Abstract

Parasitisme gastrointestinal merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit yang terdapat pada saluran pencernaan. Penyakit ini merupakan salah satu kendala dalam pemeliharaan ayam. Kecamatan Sumbang merupakan kecamatan dengan populasi ayam pedaging terbesar dan pemasok kebutuhan daging masyarakat Kabupaten Banyumas. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kejadian parasitisme menjadi hal penting untuk dikaji dalam rangka pengendalian penyakit tersebut. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah ayam yang dipelihara, fase pemeliharaan dan desain kandang terhadap parasitisme gastrointestinal ayam pedaging di Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Metode penelitian berupa survei dengan teknik purposive sampling menggunakan kuisioner dan pengambilan sampel feses ayam pedaging. Besaran sampel feses yang diambil 99 sampel yang dihitung menggunakan rumus Slovin, dari peternakan di berbagai desa di Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Variabel terikat (outcome) yang diukur adalah parasitisme gastrointestinal berupa adanya parasit coccidia dan cacing pada sampel feses ayam pedaging, sedangkan variabel bebas (prediktor) adalah faktor jumlah ayam yang dipelihara, fase pemeliharaan dan desain kandang. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan regresi logistik dengan software JASP versi 16.2. Hasil yang didapatkan bahwa parasitisme gastrointestinal di Kecamatan Sumbang sebesar 75,75% dan menunjukkan hubungan yang signifikan (X2(89)=36,727, p<0,001) antara variabel outcome dan variabel prediktor. Penurunan jumlah ayam yang dipelihara, fase pemeliharaan starter dan desain kandang closed house dikaitkan dengan peningkatan parasitisme gastrointestinal pada ayam pedaging di Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas.

References

Adam, AM. 2020. Sample Size Determination in Survey Research. Journal of Scientific Research and Reports. 26c (5): 90-97.
Belete, A, M Addis, dan M Ayele. 2016. Review on Major Gastrointestinal Parasites that Affect Chickens. Journal of Biology, Agriculture and Healthcare. 6 (11): 11-21.
Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banyumas. 2020. Kabupaten Banyumas dalam Angka. BPS Kabupaten Banyumas, 323 halaman. ISSN: 0214-4336.
Goss-Sampson, MA. 2019. Statistical Analysis in JASP: A Guide for Students. Centre for Science and Medicine in Sport and Exercise. University of Greenwich. Terjemahan: Bagaskara S, SZ Akmal, A Triman, N Grasiaswaty dan E Nurhayati. Analisis Statistik Menggunakan JASP: Buku Panduan Untuk Mahasiswa.
Indrasanti, D, M Indradji, Sufiriyanto, M Samsi, E Yuwono. 2022. Infestasi Cacing pada Peternakan Ayam Broiler di Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan XI. Purwokerto. ISBN: 978-602-1643-67-9.
Jamil, M, MT Aleem, A Shaukat, A Khan, M Mohsin, TU Rehman, RZ Abbas, MK Saleemi, A Khatoon and W Babar. 2022. Medicinal Plants as an Alternative to Control Poultry Parasitic Diseases. Life ,12: 1-13.
Muharlien, E Sudjarwo, DL Yulianti and AA Hamiyanti. 2020. Microclimate Analysis of Opened House and Closed House in Broiler Rearing. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science, 478 012078.
Tanuwijaya, P.A. dan D. Febraldo. 2021. Parasite Infections in Poultry Environments (Case Report on Gallus domesticus Endoparasite). Journal of Environmental Science and Sustainable Development, 4(1): 97-136.
Zulfikar, Hambal dan Razali. 2012. Derajat Infestasi Parasit Nematoda Gastrointestinal pada Sapi di Aceh Bagian Tengah. Lentera. 12 (3): 1-7.
Published
2022-06-29
How to Cite
Indrasanti, D., Indradji, M., Samsi, M., Yuwono, E., & Ulfah, A. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARASITISME GASTROINTESTINAL PADA AYAM PEDAGING DI KECAMATAN SUMBANG, KABUPATEN BANYUMAS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 9, 727-734. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/1703
Section
Articles