PENINGKATAN BOBOT TELUR, ALBUMEN DAN YOLK MELALUI SUPLEMENTASI PROBIOTIK DALAM PAKAN AYAM NIAGA PETELUR

  • Rosidi Rosidi Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Ismoyowati Ismoyowati Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Nu’man Hidayat Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Aras Prasetyo Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
Keywords: ayam niaga petelur, bobot telur, albumen, yolk, rasio yolk

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh suplementasi probiotik dalam meningkatkan bobot telur, putih telur, dan kuning telur ayam niaga petelur pasca puncak produksi. Materi penelitian adalah ayam niaga petelur strain Isa Brown umur 64 minggu sebanyak 80 ekor. Bahan penelitian terdiri atas: probiotik pabrikan dengan dominasi populasi bakteri 106-108CFU, dan pakan pabrikan (complete feed) periode produksi. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimental, berdasarkan rancangan acak lengkap (RAL). Perlakuan yang diujicobakan adalah suplementasi probiotik di dalam pakan basal terdiri atas 4 level yaitu: P0: 0% (Kontrol); P1: 0,5%; P2: 1% dan P3: 1,5%. Setiap unit percobaan terdiri atas 4 ekor ayam niaga petelur dan setiap perlakuan diulang 5 kali. Variabel yang diukur meliputi: bobot telur, albumen, yolk dan rasio yolk terhadap albumen. Data yang diperoleh dianalisis variansi, dengan uji lanjut Duncan multiple range test. Hasil analisis variansi menunjukkan suplementasi probiotik di dalam pakan basal berpengaruh sangat nyata terhadap bobot telur (P<0,01). Suplementasi probiotik sebanyak 1,0% dan 1,5% menghasilkan bobot telur lebih tinggi disbanding suplementasi probiotik 0,5% dan kontrol (tanpa suplementasi probiotik). Suplementasi probiotik di dalam pakan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap bobot putih telur dan kuning telur, akan tetapi memberikan pengaruh tidak nyata terhadap rasio kuning dan putih telur ayam niaga petelur. Penelitian disimpulkan suplementasi probiotik 1% paling efektif meningkatkan bobot telur dan putih telur, sedangkan suplementasi probiotik 1,5% paling efektif meningkatkan bobot albumen, dengan rasio kuning telur terhadap putih telur relative sama.

References

Alfiyah, Y, K Praseno dan SM Mardiati. 2015. Indeks Kuning Telur (IKT) dan Haugh Unit (HU) Telur Itik Lokal Dari Beberapa Tempat Budidaya Itik Di Jawa. Buletin Anatomi dan Fisiologi. 23(2): 7-14. Hartono, M dan T Kurtini. 2015. Pengaruh Pemberian Probiotik Terhadap Performa Ayam Petelur. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan. 15 (3): 214-219.
Kurnia, SD, K Praseno dan K Kasiyati. 2012. Indeks Kuning Telur (IKT) dan Haugh Unit (HU) Telur Puyuh Hasil Pemeliharaan Dengan Pemberian Kombinasi Larutan Mikromineral (Fe, Co, Cu, Zn) Dan Vitamin (A, B1, B12, C) Sebagai Drinking Water. Jurnal Anatomi Dan Fisiologi. 20(2): 2431. Latifa, R. 2007. The Increasing of Afkir Duck’s Egg Quality with Pregnant Mare’s Serum Gonadotropin (Pmsg) Hormones. Jurnal Protein. 14(1): 21-30. Priastoto, D dan T Kurtini. 2016. Pengaruh Pemberian Probiotik Dari Mikroba Lokal Terhadap Performa Ayam Petelur. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu, 4(1). Primacitra, DY, O Sjofjan dan MH Natsir. 2014. Pengaruh Penambahan Probiotik (Lactobacillus Sp.) Dalam Pakan Terhadap Energi Metabolis, Kecernaan Protein Dan Aktivitas Enzim Burung Puyuh. Journal of Tropical Animal Production. 15(1): 74-79. Wijaya, Y, E Suprijatna dan S Kismiati. 2017. Penggunaan Limbah Industri Jamu Dan Bakteri Asam Laktat (Lactobacillus Sp.) Sebagai Sinbiotik Untuk Aditif Pakan Terhadap Kualitas Interior Telur Ayam Ras Petelur. Jurnal Peternakan Indonesia. 19(2): 47-54.
Published
2022-06-29
How to Cite
Rosidi, R., Ismoyowati, I., Hidayat, N., & Prasetyo, A. (2022). PENINGKATAN BOBOT TELUR, ALBUMEN DAN YOLK MELALUI SUPLEMENTASI PROBIOTIK DALAM PAKAN AYAM NIAGA PETELUR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 9, 118-121. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/1599
Section
Articles