PENGARUH PRODUKTIVITAS SAPI PERAH TERHADAP PRODUKSI SUSU SAPI NASIONAL

  • Merryafinola Ifani Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Danang Nur Cahyo Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Afduha Nurus Syamsi Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Hermawan Setyo Widodo Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Yusuf Subagyo Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
Keywords: produktivitas sapi perah, produksi susu nasional, regresi linear sederhana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produktivitas sapi perah terhadap produksi susu sapi nasional di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapatkan dari website Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO). Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data time series dari tahun 1991 sampai tahun 2020. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah data produktivitas sapi perah (hg/tahun) sebagai variabel independent (X) dan produksi susu sapi nasional (ton) sebagai variabel terikat (Y). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana, yaitu dengan menduga pengaruh satu variabel independent terhadap variabel dependen. Analisis dilakukan menggunakan software SPSS Statistics 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas sapi perah berpengaruh sangat signifikan (P<0,01) terhadap produksi susu sapi nasional. Nilai koefisien determinasi (R2) yang didapatkan dari model ini sebesar 85,5%. Model regresi yang terbentuk adalah Y = 12,421 + 2,336B + e. Kesimpulan dari penelitian ini adalah produktifitas sapi perah individu per tahun mempengaruhi produksi susu nasional sebesar 85,5%. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi susu nasional dengan peningkatan populasi dan manajemen reproduksi.

References

Al-amina A.F., Madi H , Sri S. 2017. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Calving Interval Sapi Perah pada Peternakan Rakyat di Beberapa Kabupaten/Kota Provinsi Lampung. Jurnal Penelitian Peternakan Indonesia. 1(1): 33-36. Algifari. 2000. Analisis Regresi. Edisi II. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi. Yogyakarta. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. 2011. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Kementerian Pertanian. Jakarta. DITJENNAK. 2002. Buku Statistik Peternakan. Direktorat Jenderal Bina Produksi Peternakan, Jakarta. FAO. 2022. Food and Agriculture Data. FAO Available at https://www.fao.org/faostat/en/#data (verified 20 May 2022). Farid M., dan H. Sukesi. 2011. Pengembangan Susu Segar Dalam Negeri Untuk Pemenuhan Kebutuhan Susu Nasional. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan. 5(2): 196-221. Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. Gujarati, D. N., and D. C. Porter. 2009. Basic Econometrics. 5th ed. McGraw-Hill, New York. Hadiwidjaya, R.D. dan F.T.Lely. 2009. Pengaruh profitabilitas terhadap dividend payout ratio padaPerusahaan manufaktur di indonesia. Jurnal Organisasi dan Manajemen. Vol : 5. Nomor 2. 4954. Outlook Susu Komoditas Pertanian Subsektor Pertanian. 2016. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekertariat Jenderal Kemertian Pertanian. Siregar S. B. 2003. Peluang Dan Tantangan Peningkatan Produksi Susu Nasional. Wartazoa. 13 (2):48-55. Soekartawi. 2002. Analisis Usahatani. UI Press, Jakarta. Suharyati, S. dan M. Hartono. 2012. Pengaruh manajemen peternak terhadap efesiensi reproduksi sapi bali di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan. 16(1):61-67. Zait, A. 2016. Conceptualization and operationalisation of specific variables in exploratory researches–an example for business negotiation. Scientific Annals of Economics and Business 63:125–131.
Published
2022-06-29
How to Cite
Ifani, M., Cahyo, D., Syamsi, A., Widodo, H., & Subagyo, Y. (2022). PENGARUH PRODUKTIVITAS SAPI PERAH TERHADAP PRODUKSI SUSU SAPI NASIONAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 9, 112-117. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/1598
Section
Articles