TOTAL SOLID DAN BERAT JENIS SUSU SEGAR DI KECAMATAN SUMBANG DAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

  • Yusuf Subagyo Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Sidik Nugroho Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Hermawan Setyo Widodo Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Afduha Nurus Syamsi Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Merryafinola Ifani Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Rizak Tiara Yusan Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
Keywords: susu segar, kualitas susu, total solid, berat jenis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji Total Solid, Berat Jenis Susu Segar, dan hubungan antar kedua peubah tersebut, di Kecamatan Sumbang (9 peternak) dan Baturraden (20 peternak), Kabupaten Banyumas. Pengambilan data primer dan sekunder dilaksanakan 17 Maret - 26 Mei 2019. Materi yang digunakan yaitu peternak sapi perah dan susu yang dihasilkan. Data primer diambil dilakukan dengan cara mengambil susu segar dari peternak sebanyak masing-masing 500 ml, kemudian dibawa ke Laboratorium Produksi Ternak Perah untuk diuji total solid dan berat jenisnya menggunakan lactoscan. Data sekunder dilakukan dengan cara melakukan wawancara terstruktur dengan peternak yang terpilih, terutama untuk mengetahui kecukupan gizi sapi perahnya. Data primer dianalisis dengan uji t, regresi, dan korelasi. Data sekunder dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rataan total solid susu segar di kecamatan Sumbang 11,31±0,12% dan 11,66±0,12%, sedangkan untuk rataan Berat jenisnya adalah 1,029 gr/ml. Hasil uji “t” menunjukkan bahwa total solid dan berat jenis susu segar di dua kecamatan tersebut tidak berbeda nyata ( P > 0,05). Hubungan antara kedua variable sangat kuat (R = 0,84), dan dapat diformulasikan sebagai Y = 601,36x - 607,17. Dapat disimpulkan bahwa kualitas susu segar ditinjau dari total solid dan berat jenis pada kedua kecamatan tersebut adalah termasuk bagus (sesuai SNI 2011).

References

Badan Standarisasi Nasional. 2011. Standarisasi Nasional Indonesia SNI Susu Segar-Bagian 1: Sapi, Badan Standarisasi Nasional : Jakarta. Firmansyah, F. 2010. Performa Produksi dan Kualitas Susu Sapi FH pada Laktasi, Waktu Pemerahan dan Genotipe Kappa Kasein (k-kasein) Berbeda di Lembang Bandung. Skripsi. Fakultas Peternakan. Institus Pertanian Bogor. Bogor.( Tidak Dipublikasikan). Ratya, N., E. Taufik. 2017. Karakteristik Kimia, Fisik Dan Mikrobiologis Susu Kambing Peranakan Ettawa. Jurnal Ilmu Produksi Dan Teknologi Hasil Peternakan. 5(1):1-4.
Rohaeni, N. 2008. Efek Pemberian Hijuan Sengon (Albazia Falcatara) Terhadap Kandungan Protein Susu Kambing Perah. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor. (tidak dipublikasikan). Saleh, E. 2004. Dasar Pengolahan Susu dan Hasil Ikutan Ternak. Fakultas Peternakan. Universitas Sumatera Utara. Medan. Sany, W. H. 2017. Total Solid dan Berat Jenis Susu Sapi Perah di Kelompok Peternak Tani Tulus Tanam dan Susu Murni Kabupaten Wonosobo. Skripsi. Fakultas Peternakan. Universitas Jenderal Soedirman. (tidak dipublikasikan). Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu. Yogyakarta Susilowati, D.R, S. Utami, dan H. M. Sura.. 2013. Nilai Berat Jenis dan Total Solid Susu Kambing Sapera di Cilacap dan Bogor. Jurnal Ilmiah Peternakan. Wibowo, P.A., .Y. Astuti dan P. Soediarto. 2013. Kajian Total Solid (TS) dan Solid Non Fat (SNF) Susu Kambing Peternakan Etawa (PE) pada Satu Periode Laktasi. Jurnal Ilmiah Peternakan 1(1):214-221. Zuriyati. 2011. Analisis Molekuler Genotipe Kappa Kasein (k-kasein) dan Komposisi Susu Kambing Peranakan Etawa, Saanen, dan Persilangannya. Institus Pertanian Bogor. Bogor.
Published
2022-06-29
How to Cite
Subagyo, Y., Nugroho, S., Widodo, H., Syamsi, A., Ifani, M., & Yusan, R. (2022). TOTAL SOLID DAN BERAT JENIS SUSU SEGAR DI KECAMATAN SUMBANG DAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 9, 86-93. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/1577
Section
Articles