EVALUASI IMPLEMENTASI GOOD DAIRY FARMING PRACTICE (GDFP) PETERNAKAN SAPI PERAH DI KECAMATAN PEKUNCEN DAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

  • Talitha Syifa Azzahra Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Yusuf Subagyo Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Merryafinola Ifani Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Hermawan Setyo Widodo Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Afduha Nurus Syamsi Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: GDFP, peternakan rakyat, sapi perah

Abstract

Good Dairy Farming Practice (GDFP) merupakan suatu standar penerapan praktik yang baik dalam menjalankan usaha peternakan sapi perah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi GDFP peternakan sapi perah di Kecamatan Pekuncen dan Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilakukan secara survei terhadap dua kecamatan terpilih berdasarkan teknik purposive random sampling dan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan pengisian kuesioner, wawancara dan observasi pada 36 peternak (Kecamatan Pekuncen) dan 24 peternak (Kecamatan Sumbang) yang terpilih sebagai sampel responden, terhadap delapan aspek GDFP, yaitu: a) pembibitan dan reproduksi, b) kesehatan ternak, c) manajemen pemerahan ternak, d) nutrisi (pakan dan air), e) pengelolaan, f) kandang dan peralatan, g) sosial ekonomi, dan h) kesejahteraan ternak. Data penelitian dianalisis secara statistik deskriptif yang dilakukan dengan mendeskripsikan hasil skoring kuesioner (skor masing-masing aspek 0 – 4), wawancara dan observasi. Hasil penelitian menghasilkan rataan nilai GDFP peternakan sapi perah di Kecamatan Pekuncen adalah 3,34 dan Kecamatan Sumbang adalah 3,36. Dapat disimpulkan bahwa implementasi GDFP peternakan sapi perah di Kecamatan Pekuncen dan Kecamatan Sumbang tergolong baik.

References

Adzani, A., Y. Subagyo, and H. S. Widodo. 2023. Hubungan Antara Total Solid dengan Lemak, Laktosa, dan Protein Susu Segar di Koperasi “Pesat” Kabupaten Banyumas. ANGON Journal of Animal Science and Technology 5(2): 206 – 214.
Asmaq, N., and J. Marisa. 2020. Karakteristik Fisik dan Organoleptik Susu Segar di Medan Sunggal. Jurnal Peternakan Indonesia 22(2): 168 – 175.
Badan Pusat Statistik. 2022. Kabupaten Bandung Barat Dalam Angka 2022. BPS Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
Badan Pusat Statistik. 2022. Kabupaten Banyumas Dalam Angka 2022. BPS Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Badan Pusat Statistik. 2022. Produksi Telur Unggas dan Susu Sapi Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Ternak di Provinsi Jawa Tengah (ton), 2020 dan 2021. Jawa Tengah.
Badan Standarisasi Indonesia. 2011. Standar Mutu Susu Segar No. 3141.1:2011. Jak
FAO and IDF. 2011. Guide to Good Dairy Farming Practice. Animal Production and Health Guidelines, Roma.
Hendri, J., A. Asri, and J. Aditia. 2020. Evaluasi Keseimbangan Nutrisi Sapi Perah Betina Dewasa di UPTD Puskeswan Kota Padang Panjang. Jurnal Peternakan Mahaputra 1(1): 34 – 46.
Komala, I., I. I. Arief, A. Atabany, and L. C. ENSD. 2022. Implementasi Good Dairy Farming Practice (GDFP) di Peternakan Sapi Perah Rakyat Kelompok Ternak Mandiri Sejahtera Cijeruk Bogor. Jurnal Agripet 22(2): 160 – 168.
Mardhatilla, F., and Z. Amini. 2022. Efektivitas Penerapan Good Dairy Farming Practice (GDFP) pada Pendapatan dan Tingkat Kesejahteraan Peternak Sapi Perah Rakyat di Dataran Rendah. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis 6(1): 164 – 174.
Muarifah, H., T. E. Susilorini, A. Mukaromahwati, and R. R. Winani. 2023. Penilaian Aspek Teknis Pemeliharaan Ternak Sapi Perah Menuju Good Dairy Farming Practices di Peternakan Rakyat Jawa Timur. AGRIOVET 5(2): 81 – 98.
Mudawamah. 2022. Bioteknologi Reproduksi Ternak. Media Nusa Creative, Malang.
SK Dirjenak No. 776/kpts/DJP/Deptan/1982 Tentang Syarat-Syarat Teknis Perusahaan Peternakan Sapi Perah
Sudono, A., F. Rosdiana, and B. Setiawan. 2008. Beternak Sapi Perah secara Intensif. AgroMedia Pustaka, Jakarta.
Suhendra, D., G. T. Anggiati, S. Sarah, A. F. Nasrullah, A. Thimoty, dan D. W. C. Utama. 2015. Tampilan Kualitas Susu Sapi Perah Akibat Imbangan Konsentrat dan Hijauan yang Berbeda. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan 25(1): 42 – 46.
Syarif, E. K., and B. Harianto. 2011. Buku Pintar Beternak & Bisnis Sapi Perah. Agro Media Pustaka, Jakarta.
Published
2024-08-28
How to Cite
Azzahra, T., Subagyo, Y., Ifani, M., Widodo, H., & Syamsi, A. (2024). EVALUASI IMPLEMENTASI GOOD DAIRY FARMING PRACTICE (GDFP) PETERNAKAN SAPI PERAH DI KECAMATAN PEKUNCEN DAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 11, 224-232. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2717
Section
Articles