KAMBING KEJOBONG, KEKAYAAN GENETIK LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PETERNAK

  • Dewi Puspita Candrasari Fakultas Peternakan, Universitas Gadjah Mada
  • Dattadewi Purwantini Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Setya Agus Santosa Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Agus Susanto Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Afduha Nurus Syamsi Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Chomsiatun Nurul Hidayah Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: Kambing Kejobong, perekonomian peternak, purbalingga

Abstract

Kambing Kejobong merupakan kambing khas daerah Kejobong, Purbalingga, Jawa Tengah. Populasinya mencapai 58 ribu ekor dan telah diakui sebagai rumpun kambing lokal Indonesia sejak tahun 2017. Kambing ini memiliki prolifik tinggi dengan anak kembar 2-3 ekor. Kambing Kejobong menjadi fokus dalam upaya meningkatkan pendapatan peternak. Penelitian dengan judul Kambing Kejobong, Kekayaan Genetik Lokal Untuk Meningkatkan Pendapatan Peternak ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemeliharaan kambing Kejobong dapat meningkatkan perekonomian peternak. Materi pada review jurnal adalah publikasi ilmiah terbatas dengan kata kunci kambing Kejobong, Agribisnis, ekonomi peternak. Untuk mendapatkan artikel peer-review, database menggunakan Google Scholar dan Connected Papers. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah literatur review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemeliharaan kambing Kejobong menjadi salah satu produk unggulan peternakan yang mampu meningkatkan perekonomian peternak.

References

Adiwinata, M., & Subandriyo. 2010. "Kambing Kejobong: Potensi dan Prospek Pengembangan." Jurnal Peternakan Indonesia, 15(2), 85-92.
Candrasari, D.P., C.N. Hidayah, D. Purwantini, A. Susanto, S.A. Santosa, A.D. Nurasih Korelasi Antara Ukuran Tubuh dengan Bobot Badan Kambing Kejobong Betina di Kabupaten Purbalingga. J. Peternakan Indonesia 5(1): 119-125.
Dinas Pertanian Purbalingga. (2015). "Profil Kambing Kejobong: Kekayaan Genetik Lokal dari Purbalingga." Pemerintah Kabupaten Purbalingga.
Hartono, R. (2012). "Kambing Kejobong: Adaptasi dan Produktivitas." Penerbit Universitas Gadjah Mada.
Haryoko, I., Suparman, P., dan Priyono, A. 2012. Kajian Potensi Pertumbuhan Karkas Kambing Kejobong berdasarkan Persamaan Alometrik Huxley. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan II, 111–117.
Maesya, A., dan Rusdiana, S. 2018. Prospek Pengembangan Usaha Ternak Kambing dan Memacu Peningkatan Ekonomi Peternak. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian, 72, 135–148.
Murti, R. Y., Septian, A. D., Rahardian, A., Purbowati, E., Lestari, C. M. S., Rianto, E., dan Arifin, M. 2014. Korelasi antara Ukuran-ukuran Tubuh dengan Bobot Badan Kambing Kacang Jantan di Jawa Tengah. Seminar Nasional Peternakan Dan Veteriner, 376–380.
Nurahkman, A. et al. (2021) ‘Kualitas Feses dan Produksi Biogas Kambing Kejobong Muda dan Dewasa yang Diberi Pakan dengan Imbangan Konsentrat dan Hijauan Yang Berbeda’, MEDIAGRO, 17(2), pp. 172–181. Available at: https://doi.org/10.31942/md.v17i2.4647.
Setiawan, B., & Haryanto, B. (2017). "Pengembangan Genetik dan Pemuliaan Kambing Kejobong." Jurnal Biologi dan Bioteknologi, 13(3), 120-128.
Statistik, B. P. 2019. Populasi Ternak Kecil menurut Kecamatan di Kabupaten Purbalingga. Badan Pusat Statistik, Kabupaten Purbalingga.
Published
2024-08-28
How to Cite
Candrasari, D., Purwantini, D., Santosa, S., Susanto, A., Syamsi, A., & Hidayah, C. (2024). KAMBING KEJOBONG, KEKAYAAN GENETIK LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PETERNAK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 11, 259-262. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2728
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)