ANALISIS TREN POPULASI DAN PENGEMBANGAN SAPI PO DI KABUPATEN KEBUMEN

  • Nunung Noor Hidayat Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Imbang Haryoko Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Pambudi Yuwono Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Nur Hidayat Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
Keywords: Sapi PO, survei, potensi, pengembangan, trend populasi, LQ

Abstract

Sapi Peranakan Ongole (PO) merupakan sapi potong unggulan dari Kabupaten Kebumen dan sudah menjadi plasma nutfah yang harus dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Kebumen yang merupakan pusat produksi pengembangan  ternak  sapi  PO di  Provinsi  Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui populasi ternak sapi dan ternak ruminansia lainnya per kecamatan di Kabupaten Kebumen, menganalisis tren populasi ternak sapi PO Kebumen 10 tahun terakhir di Kabupaten Kebumen, dan menyusun pemetaaan wilayah basis pengembangan ternak sapi PO Kebumen berdasarkan indeks LQ. Penelitian menggunakan metode survei dengan data utama adalah data sekunder didukung oleh data primer. Data dianalisis menggunakan statistik sederhana berupa nilai rata-rata, frekuensi distribusi, dan tabulasi silang dan dilaporkan secara deskriptif. Tren populasi ternak sapi PO dianalisis menggunakan regresi linier sederhana, sedangkan potensi dan pemetaan wilayah basis ternak sapi PO dengan analisis LQ produksi per Kecamatan di Kabupaten Kebumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternak sapi potong sangat dominan dibandingkan ternak ruminansia lainnya dengan populasi sebanyak 65.632 ekor. Populasi sapi potong di Kabupaten Kebumen memiliki tren yang positif dengan persamaan Y = 6342 + 416,48 X, koefisien determinansi sebesar R² = 0,5575.  Basis populasi ternak sapi potong (LQ>1) adalah Kecamatan Buluspesantren (1,1828), Ayah (1,1495), Puring (1,1230), Klirong (1,1124), Mirit (1,1084), Padureso (1,0993), Ambal (1,0775), Petanahan (1,0539) dan Bonorowo (1,0439).

References

Fariani, A. 2008. Pengembangan Ternak Ruminansia Berdasarkan Ketersediaan Lahan Hijauan dan Tenaga Kerja di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Jurnal Pengembangan Peternakan Tropis. 33(2):145–157.
Hartati, Sumadi, dan T Hartatik. 2009. Identifikasi Karakteristik Genetik Sapi Peranakan Ongole di Peternakan Rakyat. Buletin Peternakan. 33(2):64-73.
Hidayat, NN, R Widiyanti, S Mastuti, L Setiana, dan YN Wakhidati, 2020. Analysis of The Potential and Strategy of Buffalding Development in Banyumas Regency. Seminar Internasional Animal Science and Food Technology (AnSTC). Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto.
Hidayat, NN, K Muatip, dan R Widiyanti. 2021. Developing Beef Cattle in Banyumas Regency: Potentials and Strategies. Jurnal Animal Production. 23(1):62-68
Kusumo, SB, N Ngadiyono, dan Samadi. 2017. Estimasi Dinamika Populasi dan Penampilan Reproduksi Sapi Peranakan Ongole di Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah. Buletin Peternakan. 41(3):230–242.
Santosa, SI, A Setiadi, dan R Wulandari. 2013. Analisis Potensi Pengembangan Usaha Peternakan Sapi Perah dengan Menggunakan Paradigma Agribisnis di Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali. Buletin Peternakan. 37(2):125-135.
Sarpintono, AP Teguh, dan N Nusril. 2017. Strategi Pengembangan Sistem Agribisnis Peternakan Sapi Perah di Provinsi Bengkulu. Center for Open Science. Universitas Bengkulu, Bengkulu.
Subiharta, B, Utomo, dan P Sudrajad. 2012. Potensi Sapi Peranakan Ongole (PO) Kebumen sebagai Sumber Bibit Sapi Lokal di Indonesia Berdasarkan Ukuran Tubuhnya (Studi Pendahuluan). Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Agribisnis Peternakan Menuju Swasembada Protein Hewani. Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman dan SPI, Purwokerto.
Published
2023-07-23
How to Cite
Hidayat, N., Haryoko, I., Yuwono, P., & Hidayat, N. (2023). ANALISIS TREN POPULASI DAN PENGEMBANGAN SAPI PO DI KABUPATEN KEBUMEN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 10, 298-302. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2269
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>