ANALISIS PENGELUARAN KONSUMSI PANGAN RUMAHTANGGA PETERNAK SAPI DI KABUPATEN MINAHASA

  • Sintya Jummoni Krissanty Umboh Fakultas Peternakan, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia
  • Boyke Rorimpandey Fakultas Peternakan, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia
  • Merci Rosyanti Waani Fakultas Peternakan, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia
Keywords: konsumsi, rumahtangga, pangan

Abstract

Konsumsi pangan rumahtangga merupakan kebutuhan anggota rumahtangga terhadap pangan yang bertujuan untuk memantapkan ketahanan pangan di tingkat rumahtangga. Pola konsumsi ini dipengaruhi oleh pola makan sebagian besar penduduk, ketersediaan bahan pangan, dan tingkat pendapatan. Permasalahannya, bagaimana faktor-faktor sosial ekonomi mempengaruhi keputusan konsumsi pangan rumahtangga peternak sapi belum diketahui.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengeluaran konsumsi pangan oleh rumahtangga peternak sapi di Kabupaten Minahasa. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Tompaso Barat Kabupaten Minahasa dengan pertimbangan merupakan salah satu sentra populasi ternak sapi dan penerima program bantuan ternak sapi di Kabupaten Minahasa. Konsumsi pangan yang dianalisis dalam penelitian ini yakni konsumsi pangan yang dibeli. Hasil analisis menunjukkan bahwa konsumsi pangan yang dibeli oleh rumahtangga peternak sapi dipengaruhi oleh pendapatan rumahtangga, konsumsi pangan yang tidak dibeli dan jumlah anggota rumahtangga.  Semakin tinggi pendapatan rumahtangga dan jumlah anggota rumahtangga maka konsumsi pangan yang dibeli akan meningkat, dan jika konsumsi pangan yang tidak dibeli meningkat, maka konsumsi pangan yang dibeli akan menurun.

References

deRosari Bernard, B, BM Sinaga, N Kusnadi, dan MH Sawit. 2014. The Impact of Credit and Capital Supports on Economic Behavior of Farm Households: A Household Economic Approach. International Journal of Food and Agricultural Economics ISSN 2147-8988.2(3):81-90.
Elly, FH, BM Sinaga, Kuntjoro SU, dan Kusnadi N. 2008. Pengembangan Usaha Ternak Sapi Rakyat melalui Ontegrasi Sapi-Tanaman di Sulawesi Utara. Jurnal Litbang Pertanian. 27(2):63-68.
Firmansyah, M dan Farhan. 2014. Analisis Pola Konsumsi Daging Sapi Pada Masyarakat Pesisir di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Peternakan.17(2).
Obara, K, McConnel, Dyck M, dan John. 2010. Japan’s Beef Market. Journal of Current Issues in Globalizationy. 5(4).
Osak RA, VVJ Panelewen, J Pandey, dan IDR Lumenta. 2014. Pengaruh Pendapatan Rumahtangga Terhadap Konsumsi Daging (Sapi, Babi, Ayam) di Desa Sea 1 Kecamatan Pineleng. Jurnal Zootek. 34:0852-2626
Sinaga, BM 2011a. Metode Pengumpulan Data. Program Studi Ilmu Ekonomi Pertanian. Fakultas Ilmu Ekonomi dan Manajemen, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Sihaloho,H 2004. Pemberdayaan Pengusaha Kecil melalui Bantuan Kredit dan Pendampingan. [Disertasi]. Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Wantasen, E, B Hartono, N Hanani, dan VVJ Panelewen. 2012. Household Economic Behavior of Traditional Cattle Farmer In Minahasa Regency of Indonesia. Journal of Agriculture and Food Technology. 2(8).
Yasmeen, K, S Sarwar dan T Hussain. 2011. Government Policy Regarding Agricultural Loans and Its Impact upon Farmers’ Standards pof Living in Developing Countries. Journal of Public Administration and Governance. 1(1):2161-7104.
Zulkarnain, A dan Sofyan. 2017. Analisis Konsumsi Daging Sapi pada Tingkat Rumahtangga di Provinsi Aceh. Jurnal Agrisepvol. 18(1): 1411-3848.
Published
2023-07-23
How to Cite
Umboh, S. J., Rorimpandey, B., & Waani, M. (2023). ANALISIS PENGELUARAN KONSUMSI PANGAN RUMAHTANGGA PETERNAK SAPI DI KABUPATEN MINAHASA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 10, 185-188. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2248
Section
Articles