ALOKASI SUMBER DAYA TENAGA KERJA KELUARGA PADA USAHA TERNAK SAPI DI KECAMATAN TOMPASO BARAT KABUPATEN MINAHASA

  • Boyke Rorimpandey Fakultas Peternakan, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia
  • Sintya Jummoni Krissanty Umboh Fakultas Peternakan, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia
  • Jolanda Kitsia Juliana Kalangi Fakultas Peternakan, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia
Keywords: alokasi sumberdaya, tenaga kerja, ternak sapi

Abstract

Rumahtangga tani memiliki sejumlah sumber daya yang terbatas jumlahnya, dan membuat keputusan untuk mencapai ekuilibrium tertentu yang merupakan tingkat kepuasannya dengan menggunakan sumber daya tersebut. Sumber daya tenaga kerja merupakan faktor produksi yang penting dan  perlu  diperhitungkan  dalam  proses produksi dalam jumlah yang cukup, bukan saja dilihat dari tersedianya tenaga kerja tetapi juga kualitas dan macam tenaga kerja.  Untuk itu diperlukan suatu analisis mengetahui alokasi sumber daya tenaga kerja pada usaha ternak sapi oleh rumahtangga petani peternak di Kecamatan Tompaso Barat Kabupaten Minahasa. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik wawancara pada responden rumahtangga tani yang hanya memanfaatkan sumberdaya tenaga kerja keluarga pada usaha ternak sapi. Tenaga kerja keluarga yang digunakan yakni ayah (kepala keluarga), ibu dan anak-anak.  Rata-rata umur responden (Kepala Keluarga) 45 tahun, sedangkan rata-rata umur ibu rumahtangga 43 tahun. Hal ini mengindikasikan bahwa responden dikategorikan usia produktif. tingkat pendidikan responden mulai dari tidak tamat SD sampai dengan tamat Perguruan Tinggi dengan rata-rata lama pendidikan 9 (sembilan) tahun. Petani responden juga telah berpengalaman memelihara sapi dengan rata-rata pengalaman beternak selama 16 tahun. Alokasi tenaga kerja keluarga untuk usaha ternak sapi mencapai 49.37% dari total curahan tenaga kerja pada berbagai aktivitas usaha tani. Curahan tenaga kerja pria lebih mendominasi dalam pengalokasian tenaga kerja tersebut. Alokasi tenaga kerja keluarga untuk usaha ternak sapi mencapai 49,37 % dari total curahan tenaga kerja pada berbagai aktivitas usaha tani. Alokasi tenaga kerja pria dan wanita dalam keluarga secara signifikan dipengaruhi oleh upah tenaga kerja, alokasi bantuan modal, jumlah sapi yang dipelihara, jumlah sapi yang dijual, dan pendapatan rumahtangga.

References

Becker, Gary S. 1976. The Economic Approach to Human Behaviour. University of Chicago Press.
deRosari Bernard B, BM Sinaga, N Kusnadi, dan MH Sawit. 2014. The Impact of Credit and Capital Supports on Economic Behavior of Farm Households: A Household Economic Approach. International Journal of Food and Agricultural Economics ISSN 2147-8988. 2(3):81-90.
Elly, FH, BM Sinaga, Kuntjoro SU, dan Kusnadi N. 2008. Pengembangan Usaha Ternak Sapi Rakyat melalui Integrasi Sapi-Tanaman di Sulawesi Utara. Jurnal Litbang Pertanian.27(2):63-68.
Priyanti, A, BM Sinaga, S Syaukat, dan SU Kuntjoro. 2007. Dampak Program Sistem Integrasi Tanaman-Ternak terhadap Pendapatan dan Pengeluaran Petani: Analisis Simulasi Ekonomi Rumahtangga. Forum Pascasarjana, Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor. 31(1): 45-58.
Rusdiana, S, B Wibowo dan L Praharani. 2010. Penyerapan Sumberdaya Manusia dalam Analisis Fungsi Usaha Penggemukan Sapi Potong Rakyat di Pedesaan. Prosiding Seminar Nasional Peternakan dan Veteriner Puslitbangnak. Oktober 2010. Bogor,Indonesia.
Sinaga, BM 2011. Metode Pengumpulan Data. Program Studi Ilmu Ekonomi Pertanian. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Wantasen, E, B Hartono, N Hanani, dan VVJ Panelewen. 2012. Household Economic Behavior of Traditional Cattle Farmer In MInahasa Regency of Indonesia. Journal of Agriculture and Food Technology. 2(8).
Wantasen, E dan B Hartono. 2013. Income Upgrading Model of Cattlemen In Minahasa Regency, Indonesia. Sky Journal of Agricultural Research. 2(3).
Yasmeen, K, S Sarwar, dan T Hussain. 2011. Government Policy Regarding Agricultural Loans and Its Impact upon Farmers’ Standards of Living in Developing Countries. Journal of Public Administration and Governance ISSN 2161-7104 2011.1(1).
Published
2023-07-23
How to Cite
Rorimpandey, B., Umboh, S. J., & Kalangi, J. K. (2023). ALOKASI SUMBER DAYA TENAGA KERJA KELUARGA PADA USAHA TERNAK SAPI DI KECAMATAN TOMPASO BARAT KABUPATEN MINAHASA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 10, 203-208. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2250
Section
Articles