PROFIL SHAHIBUL QURBAN DAN PREFERENSI PEMILIHAN HEWAN KURBAN DI KABUPATEN BANJARNEGARA

  • Lis Safitri Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Krismiwati Muatip Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Danang Nur Cahyo Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
Keywords: Idul Adha, motif, budget, demografi, saluran pasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil shahibul qurban (orang yang melaksanakan kurban) di Kabupaten Banjarnegara dan preferensi mereka terhadap hewan kurban. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Mandiraja, Bawang, Rakit, dan Kandangan Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah pada tahun 1443H/2022M dengan responden sebanyak 86 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas shahibul qurban di Kabupaten Banjarnegara adalah laki-laki (67%) dengan rentang usia 41-70 tahun (67,5%). Mayoritas shahibul qurban berprofesi sebagai pegawai negeri sipil/TNI/Polri (31%) dan pensiunan PNS (17%) dengan kisaran pendapatan per bulan antara Rp1.600.000-Rp4.500.000. Sebanyak 96,5% dari shahibul qurban memiliki tanggungan anggota keluarga sebanyak 0-3 orang. Hewan kurban yang menjadi preferensi adalah sapi peranakan ongole, simental, limousine, dan sapi Madura dengan bobot 300-375 kg atau kisaran harga Rp21.000.000-Rp25.000.000. Alasan shahibul qurban dalam memilih hewan kurban selain aspek keterpenuhan terhadap syarat hewan kurban adalah aspek jenis hewan, harga, bobot, serta kemudahan dalam mengikuti kelompok kurban. Mayoritas hewan kurban dibeli dari peternak (77,9%) dengan bantuan orang lain dengan kisaran waktu antara 2-4 minggu sebelum pelaksanaan ibadah kurban. Kuantitas kurban di Kabupaten Banjarnegara didominasi antara 1-3 kali dan lebih dari 10 kali per orang dengan alasan eskatologis sebagai alasan utama berkurban.

References

Abidin, Z, Adawiyah, WR, Shaferi I, dan Sodiq A. 2023. Financing Innovation for Sustainable Supply Chain Management in Social Business: A Case of Qurban Rituals in Indonesia. Journal of Islamic Accounting and Business Research.
Budisatria, I Gede S, Henk MJ Udo, Akke J van der Zijpp, Endang Baliarti, dan Tridjoko W Murti. 2008. Religious Festivities and Marketing of Small Ruminants in Central Java – Indonesia. Asian Journal of Agriculture and Development. 5(2): 57–74.
Ibrahim, A, Budisatria IGS, Artama IWT, Widayanti Ri, dan Atmoko BA. 2022. Sacrificers’ Preferences on Selectionand Procurement ofSacrificial Animals for Eid al-Adha Celebration. Animal Production. 24(1): 37–44.
Kemenag Jateng. 2022. Fantastis, Sangat Antusias Hingga 1.000 Lebih Shohibul Kurban Desa Batur Banjarnegara. https://jateng.kemenag.go.id/berita/fantastis-sangat-antusias-hingga-1-000-lebih-shohibul-kurban-desa-batur-banjarnegara/
Nasrulloh. 2021. Qurban Program in Supporting the Achievement of SDG’s: The Involvement of Islamic Philanthropic Institutions. 251–260.
Paly, MB. 2019. Analisis Faktor Penentu Kepuasan Konsumen Hewan Qurban. Jariah Publishing Intermedia.
Sabiq, S. 2013. Fikih Sunnah. Tinta Abadi Gemilang.
Safitri, L, Muatip K, Purwaningsih H, Cahyo DN, dan Asyik N. 2023. Profil Hewan dan Shahibul Qurban pada Idul Adha 1443H/2022M di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. 315–322.
Safitri, L, Wahyudin W, dan Purwaningsih H. 2022. Pemenuhan Islamic-Animal Welfare pada Hewan Kurban yang Dipotong di Masjid Kampus Kabupaten Banyumas. 9:363–370.
Safitri, L, Socheh M, Wahyudin W, Syamsi AN, dan Muatip K. 2022. Animal Welfare during Eid al-Adha. In International Conference on Improving Tropical Animal Production for Food Security (ITAPS 2021) (pp. 424-429). Atlantis Press.
Published
2023-07-23
How to Cite
Safitri, L., Muatip, K., & Cahyo, D. (2023). PROFIL SHAHIBUL QURBAN DAN PREFERENSI PEMILIHAN HEWAN KURBAN DI KABUPATEN BANJARNEGARA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 10, 532-538. Retrieved from http://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2319
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)