STRATEGI PENGUATAN KINERJA KELOMPOK TERNAK KERBAU KALANG MENGGUNAKAN METODE AHP DI KECAMATAN MUARA MUNTAI DAN MUARA WIS, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR

  • Ludy Kartika Kristianto Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Timur
Keywords: kinerja, kerbau kalang, AHP, Kalimantan Timur

Abstract

Penguatan kinerja kelompok ternak kerbau kalang dapat ditingkatkan oleh pengambil keputusan dengan menggunakan perbandingan yang berpasangan untuk membuat suatu matriks yang menggambarkan perbandingan antara elemen yang satu dengan elemen yang lainnya. Pengkajian ini bertujuan untuk merumuskan strategi penguatan kinerja kelompok ternak kerbau kalang di Kecamatan Muara Muntai dan Muara is, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Penentuan wilayah pengkajian dilakukan secara purposive di Kecamatan Muaa Muntai dan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara. Pengkajian dilakukan pada bulan Desember 2019 dengan menggunakan pendekatan oused grup disussion (FGD) dan wawancara yang melibatkan 15 orang petani ternak. Pengkajian ini menggunakan Teknik analisis deskriptif dan analytic hierary process (AHP). Hasil analisis AHP menunjukkan bahwa, terdapat tiga prioritas utama yang harus dilaksanakan dalam strategi penguatan kinerja kelompok ternak kerbau kalang yaitu antara lain : peran kelompok tani ternak, pakan dan keberadaan kelembagaan pembiayaan yang akan menghasilkan peningkatan kinerja kelompok tani ternak kerbau kalang.

References

BPS Nunukan. 2018. Nunukan Dalam Angka. BPS Kalimantan Utara. Tanjung Selor. Bulungan.
Borghese A. 2013. Buffalo livestock and products in Europe. Buffalo Bull. 32:50-74. BPS Kalimantan Timur. 2018. Kalimantan Timur Dalam Angka 2018. Badan Pusat Statistik.
Croquet, C., P. Mayers, A. Gellon, S. Vanderick and N. Gendler. 2006. Inbreeding Depression for Globaland Partial Economic Indexes, Production, Type and Functional Traits. J. of Dairy Sci. 89: 2257–2267.
Diwyanto, K., Handiwirawan, E. 2006. Strategi Pengembangan Ternak Kerbau: Aspek Penjaringan dan Distribusi. Prosiding Lokakarya Nasional Usaha Ternak Kerbau Mendukung Program Kecukupan Daging Sapi. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Bogor.
Diwyanto, K., A. Priyanti dan R.A. Saptati. 2007. Prospek Pengembangan Usaha Peternakan Pola Integrasi.Jurnal Sains Peternakan Vol. 5 (2), September 2007:26-33 ISSN 1693-8828. Universitas Sebelas Maret.Solo.
Fahimuddin, M. 1975. Domestic Water Buffalo. Oxford and IBH Publishing. Co. G G Joupath. New Delhi.
Published
2022-06-29
How to Cite
Kristianto, L. (2022). STRATEGI PENGUATAN KINERJA KELOMPOK TERNAK KERBAU KALANG MENGGUNAKAN METODE AHP DI KECAMATAN MUARA MUNTAI DAN MUARA WIS, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 9, 243-254. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/1614
Section
Articles