KUALITAS PELAYANAN PENYULUH PETERNAKAN PADA USAHA TERNAK KAMBING DI KABUPATEN BANJARNEGARA
Abstract
Tujuan penelitian adalah (1) menggambarkan tingkat kualitas pelayanan penyuluhan pada usaha ternak kambing, dan (2) mengidentifikasi kelemahan pelayanan penyuluhan pada usaha ternak kambing di Kabupaten Banjarnegara. Penelitian dilakukan dengan metode survey terhadap 100 responden dengan menggunakan daftar pertanyaan berbasis skala likert. 100 responden peternak kambing dipilih menggunakan metode stratified random sampling berdasarkan topografi Kabupaten Banjarnegara (tinggi, sedang dan rendah). Sampel wilayah kecamatan terpilih di ambil 20% secara acak.. Responden peternak dipilih menggunakan qouta sampling yaitu pengambilan sampel kuota 20 orang pada tiap tiap kecamatan terpilih. Analisis statistik desktriptif digunakan untuk menggambarkan tingkat kualitas pelayanan penyuluh peternakan di Kabupaten Banjarnegara. Hasil penelitian menggambarkan bahwa petugas penyuluh peternakan di Kabupaten Banjarnegara telah memberikan pelayanan penyuluhan cukup baik dengan total skor 89,54 pada aspek yang meliputi tangibility, assurance, empathy, responsiveness dan reliability, sedangkan aspek lainnya yg meliputi ketepatan waktu latihan dan kunjungan, fasilitas penyuluhan, dan kemamuan penyuluh dalam melakukan analisis masalah peternak masih sangat lemah, sehingga perlu adanya peningkatan kompetensi tenaga penyuluh peternakan melalui pelatihan dan penguatan sikap sosial penyuluh serta perbaikan pada sarana prasarana penyuluhan.
Kata Kunci: kualitas pelayanan, penyuluh peternakan, ternak kambing