PERSEPSI PETERNAK TENTANG USAHA AYAM NIAGA PETELUR SEBAGAI USAHA POKOK DI KABUPATEN PURBALINGGA
Abstract
Telur merupakan salah satu produk peternakan yang disukai masyarakat karena mudah diperoleh dan harganya terjangkau. Oleh karena itu, usaha peternakan ayam petelur memiliki prospek yang bagus. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui lama beternak, jumlah ternak ayam petelur yang diperlihara responden dan persepsi peternak tentang usaha ayam niaga petelur serta menganalisis hubungan antara lama beternak dan Jumlah ternak dengan persepsi peternak usaha ayam niaga petelur sebagai usaha pokok di Kabupaten Purbalingga.Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Metode penetapan sampel wilayah ditentukan secara purposive sampling, terpilih Kecamatan Kejobong dan Kecamatan Kertanegara. Responden yang dilibatkan sebanyak 99 orang (sensus). Data dianalisis dengan analisis Deskripsi dan korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan, sebanyak 78% peternak baru menjalankan usaha ayam niaga petelur (< 12 tahun) dan Jumlah kepemilikan ternak masih tergolong rendah yakni <40 ST (77% peternak). Persepsi peternak tentang usaha ayam niaga petelur sebagai usaha pokok memlilik nilai cukup baik (62,6%). Hubungan antara jumlah ternak dan lama beternak dengan persepsi peternak usaha ayam niaga petelur sebagai usaha pokok memiliki hubungan yang signifikan dan berlawanan arah.