PERSEPSI DIRI DAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA DALAM MEMBELI MAKANAN BERPROTEIN HEWANI (STUDI KASUS DI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO)

  • Roisu Eny Mudawaroch Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo
Keywords: persepsi, pengetahuan, keputusan, protein hewani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan persepsi diri mahasiswa tentang protein hewani terhadap keputusan membeli makanan berprotein hewani, 2) hubungan pengetahuan terhadap keputusan membeli makanan berprotein hewani, 3) persepsi diri dan pengetahuan mahasiswa terhadap keputusan membeli makanan berprotein hewani. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Pengambilan data dengan menggunakan metode kuesioner. Uji yang dilakukan adalah deskripsi, uji reabilitas, uji viabilitas dan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar sampel berjenis kelamin perempuan. Sebagian besar responden tinggal dengan orang tua dan mendapatkan uang saku bulanan yang sebagian besar digunakan untuk untuk membeli makanan. Uji validitas dilakukan pada tiga variable menunjukan semua data adalah valid. Uji regresi linear menunjukkan persamaan Y = 10,757 + 0,084X1 + 0,317 X2. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pengetahuan mempunyai pengaruh signifikan sedangkan sedangkan persepsi diri pengaruh tidak signifikan terhadap terhadap keputusan membeli makanan berprotein hewani bagi mahasiwa. Pengetahuan dan persepsi diri mempunyai pengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan membeli makanan berprotein hewani.

Published
2020-07-21
How to Cite
Mudawaroch, R. (2020). PERSEPSI DIRI DAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA DALAM MEMBELI MAKANAN BERPROTEIN HEWANI (STUDI KASUS DI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO). PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 7, 106-113. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/454
Section
Articles