KADAR PROTEIN KASAR, SERAT KASAR, DAN UJI ORGANOLEPTIK FERMENTASI TONGKOL JAGUNG (ZEA MAYS) DAN KULIT KACANG TANAH (ARACHIS HYPOGAEA) DENGAN KOMPOSISI BERBEDA

  • Sri Wahyuni Fakultas Peternakan Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman
  • Chandra Surya Alim Fakultas Peternakan Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman
  • Nadlirotun Luthfi Fakultas Peternakan Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman
Keywords: komposisi, tongkol jangung, kulit kacang tanah, fermentasi

Abstract

Tujuan penelitian mengkaji komposisi tongkol jagung dan kulit kacang tanah yang difermentasi menggunakan EM-4 dan molases selama 12 hari terhadap kadar protein kasar, serat kasar dan uji organoleptik. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Dasar Fakultas Peternakan Undaris, Materi yang digunakan tongkol jagung, kulit kacang tanah, EM-4, molases, dan air. Variabel yang diamati kadar protein kasar, serat kasar, warna, aroma, dan tekstur. Penelitian menggunakan metode eksperimental, disain rancangan acak lengkap. Perlakuan yang diterapkan P1 = tongkol jagung 100%, P2 = kulit kacang tanah 100%, P3 = tongkol jagung 50% dan kulit kacang tanah 50%,  P4 = tongkol jagung 75% dan kulit kacang tanah 25%, P5 = tongkol  jagung 25% dan kulit kacang  tanah 75%, masing-masing ditambahkan EM-4 dan molases serta difermentasi lama 12 hari. Perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Data dianalisis menggunakan analisis ragam dan dilanjutkan dengan uji Wilayah Ganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa protein kasar, serat kasar, warna, aroma, maupun tekstur berbeda nyata (p<0,05). Komposisi tongkol jagung dan kulit kacang tanah masing-masing 50% (P3) meningkatkan protein kasar, sebaliknya serat kasar. Uji organoleptik meliputi warna, aroma, dan tekstur P3 menunjukkan warna cerah, aroma asam manis, dan tekstur sedikit lembab tidak menggumpal. Kesimpulan dari penelitian ini perlakuan P3 yang terbaik

References

Association Of Official Analytical And Chemist (AOAC) 2005. Official Methods Of Analysis 18th Ed, AOAC, Washington DC.
Basri, A., dan RD Tambunan. 2016. Kajian Pemanfaatan Pakan Berbasis Bahan Lokal Yang Berwawasan Lingkungan Untuk Sapi Potong Di Lampung. Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian. 1178-1185.
Badan Pusat Statistik. 2016. Demak Dalam Angka 2016. Badan Pusat Statistik Kabupaten Demak. Demak.
Kerr, T J., Windham, W R Woodward, J H, dan R Benner. 2006. Komposisi Kimia Dan Kecernaan In Vitro Kulit Kacang Tanah Yang Diberi Perlakuan Termokimia. Jurnal Ilmu Pangan Dan Pertanian. 37: 632-636.
Namang. 2015. Pengaruh Pemberian Konsentrasi EM-4 Yang Berbeda-Beda Terhadap Pertumbuhan Cabai Rawit (Capsicum Frustescens L). Skripsi. Program Sarjana Pertanian Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Noviati, A. 2002. Fermentasi Bahan Pakan Limbah Industri Pertanian Dengan Menggunakan Trichoderma Harzianum. Skripsi. Program Sarjana Peternakan Jurusan Nutrisi Dan Makanan Ternak Fapet IPB, Bogor.
Rukmantoro. 2002. Pengaruh Level EM-4 Pada Fermentasi Kulit Nanas Yang Dicampur Dedak Padi Terhadap Kualitas Fisik, Bahan Kering Dan Bahan Organik. Skripsi. Program Sarjana Peternakan Universitas Mataram, Mataram.
Raynaldi, R., J Mustabi dan S Syahrir. 2021. Karakteristik Tumpi Jagung Yang Difermentasi Menggunakan Inokulan BAL Asal Cairan Rumen. Prosiding Seminar Nasional
Inovasi Teknologi Nutrisi Dan Pakan Untuk Pengembangan Peternakan Rakyat Makassar, 21 Oktober 2021. Hal. 276-280. Universitas Hasanudin, Makasar.
Steel, R G D., dan J H Torrie., 1993. Prinsip Dan Prosedur Statistika (Pendekatan Biometrik). Penerjemah B. Sumantri. Gramedia Pustaka. Utama, Jakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. CV Alfabeta, Bandung.
Tangendjaja, B., dan E Wina. 2008. Limbah Tanaman Dan Produk Samping Industri Jagung Untuk Pakan. Balai Penelitian Ternak. Bogor.
Tampoebolon, BIM., dan BWHE Prasetiyono. 2014. Kualitas Nutrisi Fermentasi Tongkol Jagung Teramoniasi Untuk Pakan Sapi Potong Secara In Vitro. Prosiding Seminar Nasional Ruminansia 2014. “Membangun Dasar Peternakan Tropis Berwawasan Lingkungan Menuju Jaman Keemasan”. Semarang 19 Agustus 2014. Hal: 187-193. Fakultas Peternakan Dan Pertanian UNDIP Dan Indonesian Society Of Animal Agriculture.
Vianney, JE. 2016. Pengaruh Penambahan Molases Pada Fermentasi Urin Sapi Terhadap Pertumbuhan Bayam Merah (Amaranthus Tricolor L). Skripsi. Program Sarjana Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Yuliana R., A Bain, dan A Napirah. 2022. Komposisi Kimia Kulit Kacng Tanah Terfermentasi Dengan Effective Microorganism (EM-4) Dan Ragi Tempe (Rhizopus Sp.) Sebagai Bahan Pakan Ternak Ruminansia. Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo. 4(1): 41-45.
Zainal, M M., Aswin, D Mariana, E Damayanti, MS Samid, dan F Akhsan. 2022. Kadar Protein Kasar Dan Serat Kasar Kulit Kacang Tanah Yang Difermentasi Menggunakan EM4 Dengan Level Yang Berbeda. Prosiding Semnas Politani Pangkep. “Multifunctional Agriculture For Food, Renewable Energy, Water, And Air Security”. Seminar Nasional Dalam Rangka Dies Natalis Ke-34 Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan, Pangkep, 29 September 2022. (3): 529-535.
Published
2024-08-28
How to Cite
Wahyuni, S., Alim, C., & Luthfi, N. (2024). KADAR PROTEIN KASAR, SERAT KASAR, DAN UJI ORGANOLEPTIK FERMENTASI TONGKOL JAGUNG (ZEA MAYS) DAN KULIT KACANG TANAH (ARACHIS HYPOGAEA) DENGAN KOMPOSISI BERBEDA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 11, 180-186. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2708
Section
Articles