DESKRIPSI SISKA (SISTEM INTEGRASI KELAPA SAWIT-SAPI) DI DESA NANGA TAMAN KECAMATAN NANGA TAMAN KABUPATEN SEKADAU KALIMANTAN BARAT

  • Duta Setiawan Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Indonesia
  • Aditya Nugraha Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Indonesia
  • Ely Nurhidayati Program Studi Perencanan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Indonesia
Keywords: SISKA, karakteristik peternak, hijauan pakan antar tanaman

Abstract

Kabupaten Sekadau merupakan salah satu penghasil kelapa sawit di Kalimantan Barat.  Wilayah ini memiliki perkebunan kelapa sawit yang cukup luas salah satunya Desa Nanga Taman di Kecamatan Nanga Taman. Selain memiliki Perkebunan Kelapa Sawit yang luas Desa Nanga Taman juga memiliki populasi peternakan sapi yang banyak jika dibandingkan dengan Desa lainnya. Pola pemeliharaan sapi di desa ini digembalakan di lahan sawit (extensive). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui karakteristik peternak, produktivitas ternak sapi dan potensi hijauan antar tanaman sawit pada pola SISKA (sistem integrasi kelapa sawit-sapi) di Nanga Taman Kabupaten Sekadau.  Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan pengisian kuesioner kepada peternak sapi yang melakukan integrasi dengan kelapa sawit. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik peternak memiliki tingkat pendidikan 60% lulusan SD, pengalaman beternak 50% memelihara sapi 6-10 tahun, produktivitas ternak sapi tidak berbeda dengan SNI sapi bali dan ditemukan beberapa hijauan antar tanaman sawit yang dominan seperti Axonopus compressus, Imperata cylindrica, Fimbristylis littoralis.

References

Arianto, A. 2018. Dinamika Populasi Ternak Sapi Potong di Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan.
BPS Kabupaten Sekadau. 2023. Kabupaten Sekadau Dalam Angka. Sekadau.
BPS Kalimantan Barat. 2022. Kalimantan Barat Dalam Angka. Pontianak.
Direktorat Jenderal Peternakan. 2010. Pedoman Teknis Pengembangan Usaha Integrasi Ternak Sapi dan Tanaman. Direktorat Jenderal Peternakan Kementerian Pertanian. Jakarta. diunduh dari http://sistemintegrasipaditernaksapipotong.blogspot.com/.
Edwina, S dan E Maharani. 2014. Kajian Keragaan Karakteristik dan Tingkat Pengetahuan Petani Tentang Sistem Integrasi Sapi dan Kelapa Sawit (SISKA) di Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis 11(1): 110-117.
Maulid, D K. 2017. Deskripsi Populasi Ternak Sapi Potong Di Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok
Matondang, RH dan C Talib 2015. Model Pengembangan Sapi Bali dalam Usaha Integrasi di Perkebunan Kelapa Sawit. Wartazoa 25(3): 147-157.
Muhtarom, N, D Talib, A Nugraha, dan D Rumania. 2022. Edukasi Pembuatan Pakan Silase di Desa Sungai Besar Kabupaten Ketapang. Jurnal Berdaya 2(2).
Rostini, T, S Djaya, dan R Adawiyah. 2020. Analisis Vegetasi Hijauan Pakan Ternak di Area Integrasi dan Non Integrasi Sapi dan Sawit. Jurnal Sain Peternakan Indonesia 15(2): 155-161.
Sandi, S, M Desiarni, dan Asmak 2019. Manajemen Pakan Ternak Sapi Potong di Peternakan Rakyat di Desa Sejaro Sakti Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Peternakan Sriwijaya.
Setiawan, D. 2012. Performance of Ongole Grade Cattle Fed Mulberry Leave Meal Combined with Different Concentrates. Thesis. IPB University.
Setiawan, D, dan H Nuraini. 2016. Penampilan Produksi Sapi Peranakan Ongole yang diberi Pakan Konsentrat yang Mengandung Tepung Daun Murbei. Jurnal Agripet 16(1):16-22.
Setiawan, D. 2018. Artificial Insemination of Beef Cattle UPSUS SIWAB Program Based on The Calculation of Non-Return Rate, Service Per Conception and Calving Rate in The North Kayong Regency. The International Journal of Tropical Veterinary and Biomedical Research 3(1):7-11.
Setiawan, D. 2020. Pengabdian Kelompok Ternak Sapi Melalui Perbaikan Pakan di Kabupaten Sambas. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS 18(2):218-227.
Setiawan, D, A Jayanegara, dan NR Kumalasari. 2022. Performance and Nutrient Digestibility of Kacang Goats Fed With Fermented Sago Waste. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 977, No. 1, p. 012136). IOP Publishing.
Suherman, D, S Muryanto, dan E Sulistyowati. 2017. Evaluasi Mikroklimat dalam Kandang Menggunakan Tinggi Atap Kandang Berbeda yang Berkaitan dengan Respon Fisiologis Sapi Bali Dewasa di Kecamatan XIV Koto Kabupaten Mukomuko.
Utomo, BN, dan E Widaja 2013. Pengembangan Sapi Potong Berbasis Industri Perkebunan Kelapa Sawit.
Zakiatulyaqin, I Suswanto, RB Lestari, D Setiawan, dan AMS Munir. 2017. Income Over Feed Cost dan RC Ratio Usaha Ternak Sapi Melalui Pemanfaatan Limbah Kelapa Sawit. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu 5(1): 18-22.
Published
2023-07-23
How to Cite
Setiawan, D., Nugraha, A., & Nurhidayati, E. (2023). DESKRIPSI SISKA (SISTEM INTEGRASI KELAPA SAWIT-SAPI) DI DESA NANGA TAMAN KECAMATAN NANGA TAMAN KABUPATEN SEKADAU KALIMANTAN BARAT. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 10, 255-261. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2262
Section
Articles