ANALISIS PEMASARAN AYAM BROILER DI KECAMATAN ANGATA KABUPATEN KONAWE SELATAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA

  • Hairil Adzulyatno Hadini Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Musram Abadi Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Iska Agustiani Fakultas Peternakan, Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
Keywords: saluran pemasaran, margin, efisiensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran pada usaha peternakan ayam broiler di Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive sampling). Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Penentuan responden secara sensus yang berjumlah 11 orang yang terdiri dari 6 peternak ayam broiler, 2 pedagang pengumpul, dan 3 pedagang pengecer yang ditelusuri menggunakan metode snowball sampling. Model analisis data menggunakan pendekatan analisis deskriptif yaitu untuk mengkaji pola saluran pemasaran ayam broiler dan analisis kuantitatif untuk mengetahui jumlah margin, keuntungan dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 saluran pemasaran ayam broiler yaitu: 1) peternak – konsumen akhir, 2) peternak – pedagang pengecer – konsumen akhir, 3) peternak – pedagang pengumpul – konsumen akhir, dan 4) peternak – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen akhir. Margin pemasaran paling rendah terdapat pada saluran pemasaran III (Rp6.450/ekor) dan tertinggi terdapat pada saluran IV (Rp28.950/ekor). Saluran pemasaran paling efisiensi adalah saluran pemasaran III (3,12%) dengan nilai farmer share (82,66%).

References

Asmarantaka, RW, J Atmakusuma, YN Muflikh, dan N Rosiana. 2017. Konsep Pemasaran Agribisnis: Pendekatan Ekonomi dan Manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia. 5(2):143-164.
Arbi, M, Thirtawati, dan Y Junaidi. 2018. Analisis Saluran dan Tingkat Efisiensi Pemasaran Beras Semi Organik di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian. 11(1).
Daniel, M. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara, Jakarta.
Fathoni, AH. 2004. Manajemen Sumberdaya Manusia. PT Rineka, Jakarta.
Hadini, HA, LO Ba’a, R Aka, dan Syamsuddin. 2017. Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Konsumsi Pangan Asal Ternak di Kota Kendari. Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Tropis. 4(2):62-71.
Harina, Nuraeni, dan M Salim. 2019. Analisis Produksi dan Pemasaran Usaha Tani Bawang Merah (Allium cepa L.) Studi Kasus di Desa Banti, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang. Wiratani. 2(2).
Jannah, M. 2018. Analisis Pengaruh Biaya Produksi dan Tingkat Penjualan terhadap Laba Kotor. Jurnal Banque Syar’i. (4)1.
Maryam, MB Paly, dan Astati. 2016. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penentu Pendapatan Usaha Peternakan Sapi Potong (Studi Kasus Desa Otting Kab. Bone). Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan. (3)1.
Mislin. 2006. Analisis Jaringan Komunikasi pada Kelompok Swadaya Masyarakat.Kasus KSM di Desa Taman Sari Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Tesis, Instintut Pertanian Bogor, Bogor.
Muamaroh. 2013. Latar Belakang Rendahnya Kesadaran Orangtua terhadap Pendidikan Anak Perempuan. Educational Psychology Journal. 2(1).
Nurdiyansah, I, D Suherman, dan HD Putranto. 2020. Hubungan Karakteristik Peternak dengan Skala Kepemilikan Sapi Perah di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Bulletin of Tropical Animal Science. 1(2).
Pande, DW, N Suparta, dan M Antara. 2020. Pengaruh Perilaku Peternak Plasma terhadap Kinerja Usaha Kemitraan Ayam Ras Pedagang di Kabupaten Bangli. Jurnal Manajemen Agribisnis. 8(1).
Sani, LOA, Hj Nuraini, dan M Diwan. 2014. Potensi Agribisnis Usaha Ternak Ayam Broiler di Kota Kendari. Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Tropis. (1)1.
Delia, SC. 2017. Analisis Efisiensi Pemasaran dan Pendapatan Usaha Pengolahan Ikan Teri Asin di Pulau Pasaran Kota Bandar Lampung. Departemen Ekonomi Sumber Daya dan Lingkungan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Soekarwati. 2002. Panduan Membuat Usaha Proyek Pertanian dan Pedesaan. PT Bumi Aksara, Yogyakarta.
Sunarno, ES Rahayu, dan SH Purnomo. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Ayam Broiler di Kabupaten Wonogiri. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2017. Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang.
Widiastuti, N dan Harisudin. 2013. Saluran dan Margin Pemasaran Jagung di Kabupaten Grobogan. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 9(1).
Published
2023-07-23
How to Cite
Hadini, H., Abadi, M., & Agustiani, I. (2023). ANALISIS PEMASARAN AYAM BROILER DI KECAMATAN ANGATA KABUPATEN KONAWE SELATAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 10, 111-118. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2233
Section
Articles