PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN PANDAN (Pandanus amaryllifolius Roxb.) TERHADAP RASA DAN AROMA YOGURT SUSU KAMBING

  • Yayan Suherlan Fakultas Peternakan, Universitas Wijayakusuma, Purwokerto, Indonesia
  • Supranoto Supranoto Fakultas Peternakan, Universitas Wijayakusuma, Purwokerto, Indonesia
  • Citopartusi Margaluna Purnama Tjahjani Fakultas Peternakan, Universitas Wijayakusuma, Purwokerto, Indonesia
Keywords: yogurt susu kambing, daun pandan, rasa, aroma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak daun pandan (Pandanus amarillyfolius Roxb.) terhadap rasa dan aroma yogurt susu kambing. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan 23 Februari 2023 yang berlokasi di Laboratorium Fakultas Peternakan, Universitas Wijayakusuma, Purwokerto. Materi yang digunakan adalah susu kambing, daun pandan, dan plain yogurt. Rancangan penelitian menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola searah yang terdiri atas empat perlakuan yaitu P0 (kontrol), P1 (penambahan daun pandan 2 gr/200ml susu kambing), P2 (penambahan daun pandan 4 gr/200 ml susu kambing ), dan P3 (penambahan daun pandan 6 gram/200 ml susu kambing). Setiap perlakuan terdiri dari lima ulangan. Parameter yang diukur adalah rasa dan aroma dengan menggunakan 25 panelis tidak terlatih. Hasil penelitian membuktikan bahwa penambahan ekstrak daun pandan (Pandanus amarillyfolius Roxb.) berpengaruh sangat nyata (P<0.01) terhadap rasa dan aroma yogurt susu kambing. Perlakuan P2 merupakan perlakuan dengan penilaian rasa yang paling disukai oleh panelis. Perlakuan P2 dan P3 merupakan perlakuan dengan penilaian aroma yang paling disukai oleh panelis karena ekstrak daun pandan mampu menutupi aroma khas atau prengus yang ada pada susu kambing.

References

Atmojo, PD. 2017. Karakteristik Organoleptik Telur Pindang dengan Penambahan Daun Jati dan Lama Perebusan yang Berbeda. Skripsi. Fakultas Peternakan. Universitas Hasanuddin, Makassar.
Faras, AF, SS Wadkar, dan JS Ghosh. 2014. Effect of Leaf Extract of Pandanus amaryllifolius Roxb. on Growth of Escherichia coli and Micrococcus (Staphylococcus) aureus. International Food Research Journal. 21(1):421–423.
Hartati, ME. 2011. Variasi Tepung Terigu dan Labu Kuning untuk Naget (Variation of Wheat Flour and Pumpkin to Nugget). Berita Litbang Industri. 8(3): 39–47.
Ismanto, A dan S Subaihah. 2020. Sifat Fisik, Organoleptic dan Aktivitas Antioksidan Sosis Ayam dengan Penambahan Ekstrak Daun Sirsak (Annona muricata l.). Jurnal Ilmu Peternakan dan Veteriner Tropis. 10(1): 45–54.
Khoiriyah, K dan Fatchiyah. 2013. Karakter Biokimia dan Protein Yogurt Kambing PE Difermentasi Bakteri Asam Laktat (BAL). Jurnal Exp. Life Sci. 3(1).
Maitimu, CV, AM. Legowo, dan AN Al-Baari. 2013. Karakteristik Mikrobiologi, Kimia, Fisik dan Organoleptik Susu Pasteurisasi dengan Penambahan Ekstrak Daun Aileru selama Penyimpanan. Jurnal Aplikassi Teknologi Pangan. 2(1).
Palandeng, FC, LC Mandey, dan F Lumoindong. 2016. Karakteristik Fisiokimia dan Sensori Sosis Ayam Petelur Afkir yang Difortifikasi Dengan Fasta dari Wortel (Daucus carota L). Jurnal Ilmu dan Teknologi Pangan. 4(2):19–28.
Prianto, J, R Novitasari, dan M Apriyanto. 2022. Pengaruh Penambahan Daun Pandan Wangi pada Pengolahan VCO (Virgin Coconut Oil) terhadap Kesukaan Konsumen. Jurnal Selodang Mayang. 8(1): 68–71.
Rahmasari, A. 2017. Studi Penerimaan Konsumen terhadap Minuman Sari Rumput Laut (Eucheuma cottonii) dengan Penambahan Daun Pandan (Pandanus amarylifollius). Jurnal Teknologi Pangan.
Silalahi, M. 2018. Pandanus amaryllifolius Roxb. (Pemanfaatan dan Potensinya sebagai Pengawet Makanan). Jurnal Pro Life. 5(3):626–634.
Sulistyowati, E, A Sudarman, KG Wiryawan, dan T Toharmat. 2013. Quality of Milk Fatty Acid during Late Lactation in Dairy Goat Fed on Pufa-Diet Supplemented with Yeast and Curcuma xanthorrhiza Roxb. J. Indonesian Trop. Anim. Agric. 38(4):247–256.
Wibawanti, JMW dan R Rinawidiastuti. 2018. Sifat Fisik dan Organoleptik Yogurt Drink Susu Kambing dengan Penambahan Ekstrak Kulit Manggis (Garcinia mangostana L.). Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak (JITEK). 13(1):27–37.
Published
2023-07-23
How to Cite
Suherlan, Y., Supranoto, S., & Tjahjani, C. M. (2023). PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN PANDAN (Pandanus amaryllifolius Roxb.) TERHADAP RASA DAN AROMA YOGURT SUSU KAMBING. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 10, 72-76. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2222
Section
Articles