NILAI INDEKS PUTIH, INDEKS KUNING DAN HAUGH UNIT TELUR AYAM RAS YANG DI RENDAM MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN SALAM (syzygium polyantum)

  • Angga Zulkarnain Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Jambi
  • Suryono Suryono Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Jambi
  • Sestilawarti Sestilawarti Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Jambi
Keywords: telur ayam, daun salam, indeks putih, indeks kuning, haugh unit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perendaman telur menggunakan ekstrak Daun salam terhadap kualitas internal telur ayam ras. Materi Penelitian ini adalah telur ayam berkisaran umur 2-7 hari sebanyak 48 butir dan bobot telur yang digunakan kisaran berat rata-rata 56,5-60 gr. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 kali ulangan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Parameter yang diamati meliputi nilai indeks putih telur, indeks kuning telur, dan haugh unit telur. Data yang diperoleh dianalisis dengan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perendaman telur ayam ras menggunakan ekstrak daun salam tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadapĀ  nilai indeks putih telur, nilai indeks kuning telur, dan nilai haugh unit telur ayam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah selama perendaman dengan menggunakan ekstrak daun salam tidak berpengaruh nyata merubah nilai indeks putih telur, indeks kuning telur, dan haugh unit.

References

Anjarsari, B. 2010. Pangan Hewani Fisiologi Pasca Mortem dan Teknologi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Badan Standarisasi Nasional. 2008. Telur Ayam Konsumsi. SNI-3926-2008. Jakarta.
Cornelia, M., C.C. Nurwitri, Manissjah. 2005. Peranan ekstrak kasar daun salam (Syzygium polyanthum (Wight) Walp.) dalam Pertumbuhan Total Mikroba dan Escherichia coli pada Daging Ayam Segar. Jurnal. Ilmu dan Teknologi Pangan.
Karmila. M., Maryati, dan Jusmawati. 2008. Pemanfaatan Daun Jambu Biji (Psidium guajava L.) sebagai Alternatif Pengawetan Telur Ayam Ras. UNM, Makassar.
Haryono. 2000. Langkah-Langkah Teknis Uji Kualitas Telur Konsumsi Ayam Ras. Temu Teknis Fungsional non Penelliti. Balai Penelitian. Bogor. pp 175-184.
Haryoto. 2010. Membuat Telur Asin. Kanisius. Yogyakarta.
Kurniawan, D., Soetrisno, E. and Suharyanto, S., 2021. Pengaruh perendaman telur ayam ras ke dalam air rebusan daun melinjo (Gnetum Gnemon L.) terhadap oksidasi, daya buih dan kualitas internal. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu, 9(3), pp.311-327.
Lestari, L., S. M. Mardiati, dan M. A. Djaelani. 2018. Kadar protein, indeks putih telur, dan nilai haugh unit telur itik setelah perendaman ekstrak daun salam (Syzygium polyanthum) dengan waktu penyimpanan yang berbeda pada suhu 4oC. Buletin Anatomi dan Fisiologi. 3(1): 39-45
Muchtadi, T., Sugiyono, & Ayustaningwarno, F. (2010). Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Bandung: Alfabeta.
Riawan, R., Riyanti, R. and Nova, K., 2017. Pengaruh perendaman telur menggunakan daun kelor terhadap kualitas internal telur ayam ras. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu, 5(1), pp. 1-7.
Standar Nasional Indonesia Nomor 3926-2008 tentang Telur Ayam Konsumsi. (2008). Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.
Sudaryani, T. 2003. Kualitas Telur. Penebar Swadaya. Jakarta.
Sudaryani, T. 2000. Kualitas Telur. Penebar Swadaya. Jakarta.
Sudirman, A.T. 2014. Uji Efektivitas Ekstrak Daun Salam (Eugenia polyantha) terhadap Pertumbuhan Staphylococcus aureus secara In Vitro. Skripsi. Fakultas Kedokteran Gigi. Universitas Hasanuddin, Makassar.
USDA No.75. Egg Grading Manual. U.S., Washington D C., 1964.
Published
2022-06-29
How to Cite
Zulkarnain, A., Suryono, S., & Sestilawarti, S. (2022). NILAI INDEKS PUTIH, INDEKS KUNING DAN HAUGH UNIT TELUR AYAM RAS YANG DI RENDAM MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN SALAM (syzygium polyantum). PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 9, 768-774. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/1744
Section
Articles