PEMBERIAN Tithonia diversifolia (DAUN PAITAN) SEBAGAI PAKAN SUPLEMEN TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA DAGING KELINCI LOKAL (Lepus nigricoliis)

  • Salam N Aritonang Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang
  • Elly Roza Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang
  • Ade Titamua Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang
  • Jana Puspita Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang
Keywords: Tithonia diversifolia, suplemen, kelinci lokal, fisikokimia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sifat fisiko kimia daging kelinci Lokal (Lepus nigricoliis) yang diberi Tithonia diversifolia (daun paitan)sebagai pakan suplemen.  Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelinci lokal jantan sebanyak 20 ekor dengan bobot badan sekitar 700-900 g. Penelitian ini berupa eksperimental dengan menggunakan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah penambahan Tithonia diversifolia (daun paitan) dalam ransum sebanyak : 0% (A), 3% (B), 6% (C), 9% (D), dan 12% (E) dari hijauan yang diberikan. Peubah yang diamati yaitu kadar air, protein, lemak, pH, daya ikat air, susut masak dan keempukan daging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian daun Tithonia diversifolia dapat meningkatkan kadar protein, lemak, daya ikat air, keempukan serta menurunkan kadar air dan susut masak daging dan tidak mempengaruhi nilai pH daging kelinci lokal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemberian daun Tithonia diversifolia sampai 12 % dari hijauan masih menunjukkan sifat fisiko kimia daging kelinci lokal yang baik.

Published
2020-07-21
How to Cite
Aritonang, S., Roza, E., Titamua, A., & Puspita, J. (2020). PEMBERIAN Tithonia diversifolia (DAUN PAITAN) SEBAGAI PAKAN SUPLEMEN TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA DAGING KELINCI LOKAL (Lepus nigricoliis). PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 7, 380-390. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/590
Section
Articles