TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI SUSU DI KABUPATEN BOYOLALI
Abstract
Tingkat kepuasan peternak terhadap layanan koperasi berdampak pada loyalitas dan partisipasi anggota, sehingga berdampak juga pada keberlanjutan koperasi. Banyak koperasi yang tutup akibat berkurangnya partisipasi anggotanya. Di Boyolali pernah ada koperasi sebanyak 21. Namun, saat ini, hanya ada 4 koperasi yang masih aktif. Penelitian berlokasi di KUD Mojosongo, Musuk dan Cepogo. Tujuan penelitian: mengetahui pelayanan koperasi yang melipuiti simpan pinjam uang, pinjaman konsentrat, Inseminasi Buatan (IB), dan kesehatan hewan; mengetahui kepuasan anggota meliputi kualitas, kecepatan, dan keramahan serta menganalisis hubungan antara pelayanan koperasi dengan tingkat kepuasan anggota. Penelitian dilakukan dengan metode survey. Metode penetapan sampel koperasi mengunakan random sampling dengan mengambil 75% koperasi yang aktif. Penetapan sampel kelompok menggunakan random sampling sebanyak 4 kelompok dari setiap koperasi terpilih (disproportionate). Penetapan responden menggunakan random sampling yaitu sebanyak 5 orang (disproportionate) dari setiap kelompok sehingga jumlah responden 60 orang. Analisis yang digunakan adalah deskriptif dan Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan, persepsi anggota terhadap pelayanan koperasi dalam kategori sedang, tingkat kepuasan anggota koperasi terhadap pelayanan koperasi juga dalam kategori sedang serta terdapat hubungan antara pelayanan dengan tingkat kepuasan anggota dengan Koefisien korelasi sebesar 0,445 (korelasi sedang).