PERFORMA TERNAK PUYUH PADA FASE STARTER YANG MENGKONSUMSI RANSUM MENGANDUNG PROBIOTIK

  • Zulkifli Poli Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara
  • Jailani Husain Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara
  • Cherlie L.K Sarajar Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara
  • Wapsiaty Utiah Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara
Keywords: performa, ternak puyuh, fase starter, probiotik

Abstract

Potensi produksi ternak puyuh dapat ditingkatkan melalui penerapan manajemen yang lebih baik terutama pakan berprotein tinggi. Bahan pakan sumber protein tinggi merupakan bahan pakan yang mahal yang berdampak terhadap tingginya biaya pakan. Pakan adalah faktor penting dalam menentukan keberhasilan suatu usaha ternak puyuh, tetapi biaya pakan merupakan biaya tertinggi yaitu sekitar 60-70% dari total biaya produksi. Produktivitas ternak puyuh terutama sebagai penghasil telur saat ini belum optimal yang disebabkan manajemen pemberian pakan yang kurang efisien. Tercapainya efisiensi pakan yang tinggi apabila saluran pencernaan berada dalam kondisi optimal untuk mencerna dan menyerap zat makanan. Hal tersebut dapat dicapai dengan cara memberikan feed additive dalam bentuk probiotik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performa burung puyuh yang menggunakan probiotik pada fase starter. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 kali ulangan dengan menggunakan 10 ekor puyuh per unit. Variabel yang diukur yaitu konsumsi ransum, pertambahan berat badan dan konversi ransum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ransum yang ditambahkan probiotik pada ternak puyuh fase starter meningkat pada R1, PBB menurun pada R1 sebaliknya konversi ransum meningkat pada R1. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa performa ternak puyuh pada fase starter melalui penambahan probiotik yang berbeda memberikan efek lebih baik dilihat dari konsumsi ransum, PBB dan konversi ransum.

References

Asiyah, N., D, Sunarti dan U, Atmomarsono. 2013. Performa burung puyuh (Coturnix coturnix jaonica) umur 3 sampai 6 minggu dengan pola pemberian pakan bebas pilih (Free choice feeding). Animal Agricultural Journal. 2 (1): 497-502. Fadholi, A. 2021. Pengaruh Tingkat Penambahan Probiotik Lactobacillus fermentum Plus Multi Enzim Terenkapsulasi dalam Pakan terhadap Konsumsi Pakan dan Quail Day Production pada Burung Puyuh. SKRIPSI. Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Islam Malang, Malang. Fathurohman, R., A. Bakar, L. Fitria. 2014. Analisis Kelayakan Usaha Peternakan Burung Puyuh di Daerah Pasir Kawung Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Reka Integra, 03 (02) : 1-12. Hanifah, F.N., K. Soepranianondo., Soeharsono., A. Al Arif , W. P. Lokapirnasari., N. Harijani., S. Hadijah., dan M. R. T. Hutabarat. 2019. Performa Produksi dan Analisis Usaha Puyuh (Coturnix coturnix japonica) yang Diberi Substitusi Black Soldier Fly Larvae (BSFL) pada Pakan Komersil, 37 (2) : 219-226. Herlinae dan Yemima. 2016. Efektifitas berbagai probiotik kemasan terhadap pertumbuhan dan produksi burung puyuh (coturnix coturnix japonica). Jurnal Ilmu Hewani Tropika, 5 (2): 95–100. Irawan, I., D, Sunarti dan L. D. Mahfudz. 2012. Pengaruh pemberian pakan bebas pilih terhadap kecernaan protein burung puyuh (Cotunix cotunix japonica). Animal Aglicultural Journal. 1 (2): 238-245. Kalsum, U., H. Soetanto., Ahmanu and O. Sjofjan. Effect of a Probiotic Containing Lactobacillus salivarius on the Laying Performance and Egg Quality of Japanese Quails. Publish in Livestock Research for Rural Development, 24 (12). Panjaitan, I. Anjar, S dan Yadi, P. 2012. Suplementasi Tepung Jangkrik sebagai Sumber Protein Pengaruhnya terhadap Kinerja Burung Puyuh (Coturnix coturnix japonica). Jurnal Ilmiah IlmuIlmu Peternakan, 15 (1): 8-14. Poli, Z., F.H. Elly dan J. Husain. 2020a. Introduksi Usaha Ternak Puyuh Dalam Menunjang Konsumsi Produk Peternakan. Materi Disampaikan Pada Acara Seminar Nasional Fakultas Peternakan Universitas Andalas, online pada Selasa, 27 Oktober 2020. Poli, Z., F.H. Elly dan J. Husain. 2020b. Laporan Akhir PKM Remaja Masjid Ulil Albab. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, UNSRAT, Manado. Primacitra, D. Y., O. Sjofjan, dan M. H. Natsir. 2014. Pengaruh Penambahan Probiotik (Lactobacillus sp.) dalam Pakan Terhadap Energi Metabolis, Kecernaan Protein Dan Aktivitas Enzim Burung Puyuh. J. Ternak Tropika, 15 (1) : 74-79. Widyatmoko, H., Zuprizal, dan Wihandoyo. 2013. Pengaruh penggunaan corn dried distillers grains with solubles dalam ransum terhadap performan puyuh jantan. Buletin Peternakan, 37 (2) : 120– 124.
Published
2022-06-29
How to Cite
Poli, Z., Husain, J., Sarajar, C., & Utiah, W. (2022). PERFORMA TERNAK PUYUH PADA FASE STARTER YANG MENGKONSUMSI RANSUM MENGANDUNG PROBIOTIK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 9, 96-101. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/1590
Section
Articles