PELUANG PENGEMBANGAN BISNIS TERNAK PUYUH BERKELANJUTAN(STUDI KASUS PADA USAHA TERNAK PUYUH MILIK KELOMPOK REMAJA MASJID ULIL ALBAB)
Abstract
Peningkatan pengembangan peternakan diharapkan dapat mensuplai produk secara kontinyu dan berkesinambungan. Hal ini perlu dilakukan dalam upaya memenuhi permintaan produk peternakan yang cenderung meningkat. Ternak yang dapat diandalkan dalam penyediaan produk daging dan telur diantaranya adalah puyuh. Peternakan puyuh memiliki peluang pasar sehingga dapat dikembangkan oleh masyarakat. Selain itu, seperti ternak unggas lainnya, terdapat keunggulan yang dimiliki ternak puyuh diantaranya protein yang dikandungnya 13,1% dan lemak 11,1%. Ternak puyuh juga memiliki keuntungan lainnya seperti berproduksi dalam usia muda, siklus reproduksi singkat, lahan dibutuhkan tidak luas. Harga telur puyuh masih dijangkau oleh masyarakat berpendapatan menengah ke bawah. Permasalahannya sejauhmana potensi pengembangan peternakan puyuh yang berkelanjutan dan berkesinambungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan studi
kasus terhadap peternakan puyuh milik Kelompok Remaja Masjid Ulil Albab. dengan cara wawancara terhadap responden. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan menggunakan análisis deskriptif. Ternak puyuh dikembangkan dengan model kecil dan dapat memanfaatkan lahan pekarangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa quail day production yang dicapai sampai 85,5 persen dengan income over feed cost mengalami peningkatan setiap minggu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bisnis ternak puyuh memiliki potensi untuk dikembangkan dilihat dari nilai RC ratio lebih besar satu. Saran, perlu perluasan usaha dengan menambah populasi ternak puyuh.