PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (HERMATIA ILLUCENS) PADA PAKAN BASAL TERHADAP KUALITAS KARKAS PUYUH JANTAN (COTURNIX COTURNIX JAPONICA)

  • Andri Haryono Awalokta Fakultas Pertanian, Universitas Islam Batik Surakarta
  • Putri Awaliya Dughita Fakultas Pertanian, Universitas Islam Batik Surakarta
  • Muhammad Mar’ie Sirajuddin Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan
  • Muhammad Hasan Al Banna Fakultas Ilmu Formal Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun
  • Aldi Irvan Syahputra Fakultas Pertanian, Universitas Islam Batik Surakarta
Keywords: Tepung Maggot, Puyuh Jantan, Kualitas Karkas

Abstract

Larva Black Soldier Fly (BSF) dikenal memiliki nilai gizi yang tinggi, mengandung sejumlah besar protein kasar, serat kasar, dan ekstrak eter, sehingga berpotensi menjadi sumber protein alternatif yang menjanjikan dalam pakan ternak. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung maggot Black Soldier Fly (Hermatia illucens) pada ransum pakan puyuh jantan terhadap kualitas karkas daging puyuh (Coturnix japonica). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2023 sampai tanggal 23 Juli 2023 di Ngemplak, kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Materi dalam penelitian yang digunakan adalah 96 ekor burung puyuh jantan berumur 1 hari. Rancangan percobaan yang digunakan adalah (Rancangan Acak Lengkap), terdiri dari 4 perlakuan dengan 6 ulangan dan setiap ulangan terdapat 4 sampel. Perlakuan yang diberikan adalah P0 = Pakan basal 0% tepung maggot; P1 = Pakan basal  campuran tepung maggot 5%; P2 = Pakan basal campuran tepung maggot 10%; P3 = Pakan basal pakan basal campuran tepung maggot 15%. Parameter yang diteliti meliputi nilai pH, DIA (Daya Ikat Air), Keempukan daging dan Susut masak.  Hasil penelitian menunjukkan penambahan tepung Magot Black Soldier Fly memberikan pengaruh nyata terhadap Daya Ikat Air dan Susut Masak daging puyuh. Perlakuan P2 memiliki nilai yang paling bagus dalam kualitas daging puyuh Daya Ikat Air 29,13±2,152 dan Susut Masak 20,14±3,596 sedangkan pemberian tepung maggot tidak memberikan pengaruh nyata terhadap variable nilai pH dan Keempukan.

References

-
Published
2024-08-28
How to Cite
Awalokta, A., Dughita, P., Sirajuddin, M., Al Banna, M., & Syahputra, A. (2024). PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (HERMATIA ILLUCENS) PADA PAKAN BASAL TERHADAP KUALITAS KARKAS PUYUH JANTAN (COTURNIX COTURNIX JAPONICA). PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 11, 258. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2727
Section
Articles