PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR BERBAHAN BAKU SLURRY BIOGAS DENGAN PENAMBAHAN BAHAN YANG BERBEDA TERHADAP PRODUKSI RUMPUT ODOT

  • Desna Ayu Wijayanti Produksi Ternak, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Karanganyar
  • Puji Astuti Produksi Ternak, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Karanganyar
  • Ilham Erlambang Ajie Mahasiswa Produksi Ternak, Universitas Muhammadiyah Karanganyar
Keywords: biogas, organik, produksi, rumput, slurry

Abstract

roduksi rumput odot berkaitan erat dengan jenis pupuk yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian pupuk organik cair menggunakan slurry biogas dengan penggunaan bahan yang berbeda terhadap tinggi tanaman, jumlah daun dan produksi segar rumput odot. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan, sehingga total unit percobaan yakni 20. Perlakuan terdiri dari P0 (Kontrol/ slurry tanpa penambahan bahan lain), P1 (slurry + EM4), P2 (slurry + tetes tebu), P3 (slurry + tetes tebu + EM 4). Parameter yang diukur dalam penelitian meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, panjang daun dan produksi segar rumput odot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik berbahan baku slurry dengan penambahan bahan yang berbeda pada perlakuan P3 memberikan pengaruh terhadap produksi rumput odot.

References

Fadilah, H.F., Kusuma, M.N dan Afrianisa, R. D. 2019. Pemanfaatan Bioslurry dari Digester Biogas Menjadi Pupuk Organik. Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur. Surabaya.
Hendarto, E., Qohar, A.F., Hidayat., Bahrun dan Harwanto. 2020. Produksi Dan Daya Tampung Rumput Odot (Pennisetum Purpureum Cv. Mott) Pada Berbagai Kombinasi Pupuk Kandang dan NPK. Prosiding Seminar Teknologi dan Agribisnis Peternakan VII–Webinar: Prospek Peternakan di Era Normal Baru Pasca Pandemi COVID-19, Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman.
Khakim, M. 2017. Pengaruh Umur bibit dan Jarak Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi (Oryza sativa L) dengan Pola Tanam Sri (System of Rice Intensification). Jurnal Agroteknologi Merdeka Pasuruan. 1(1): 1-9.
Kusimati, Tamat, Jusuf dan Istiningsih, R. 2007. Produksi - Glukan dari Dua Galur Agrobacterium sp. pada Media Mengandung Kombinasi Molase dan Urasil. Biodiversitas. 8(1): 123-129.
Mudap, V.N., Nastiti, H.P., dan Manggol Y.H. 2019. Pertumbuhan dan Produksi Panen Kedua Rumput Brachiaria hybrid Cv. Mulato yang diberi Bokashi Feses Kambing dengan Dosis yang Berbeda. Jurnal Peternakan Lahan Kering. 1(4): 611-618.
Muslihat, L 2003. Teknik Percobaan Takaran Pada Pembibitan. Bulletin Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen pertanian. 8 (1): 1-3.
Nganji dan Juwang. 2022. Status Hara Makro Primer Tanah di Lahan Pertanian Kecamatan Tabundung Kabupaten Sumba Timur. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan. 9(1): 93-98.
Nganji, M.U dan Sudarma M.A. 2023. Analisis Status Kesuburan Tanah Pada Lahan Budidaya Rumput Odot (Pennisetum Purpureum Cv. Moot) Dengan Perlakuan Pupuk Bokashi Sludge Biogas Berbeda. Jurnak Tanah dan Sumberdaya Lahan. 10(2): 223-229.
Pamungkas, S.S dan Adiguna, Y. 2020. Aplikasi Limbah Cair Tebu Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit pada Fase Pre Nursery. Jurnal Ilmiah Pertanian. 16 (2): 68-73.
Reksohadiprodjo, S. 1985. Produksi Tanaman Hijauan Makanan Ternak Tropika. BPFE, Yogyakarta.
Riley, H., R. Pommeresche, R. Eltun, S. Hansen, A.Korsaeth. 2008. Soil Structure, Organic Matter and Earthworm Activity in a Comparison of Cropping Systems with Contrasting Tillage, Rotations, Fertilizer levels and Manure use. Jurnal Agron. Indonesia.
S. D. Anis and C. L. Kaunang. 2017. Pengaruh Tinggi Dan Jarak Waktu Pemotongan Rumput Gajah Dwart (Pennisetum purpureum cv. Mott) Terhadap Pertumbuhan Vegetatif dan Produksi Bahan Kering. 37 (1): 116–122.
Sufriyanto, Hastuti, Prabowo dan Setyawati. 2012. Opimalisasi Pupuk Cair Urine Sapi Bunting Dan Slury Biogas Metode Nanometer untuk Meningkatkan Produktivitas Rumput Gajah. Seminar Nasional Pengembangan Sumbe Pengembangan Sumber Daya Pedesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan II. Universitas Jendral Soedirman. Jawa Tengah.
Y. M. Yusrizal and I. Refkikan. 2020. Pengaruh Jenis Amelioaran Dan Dosis Pupuk Serbaguna (AGRODYKE) pada Pertumbuhan Rumput Gajah Odot (Pennisetum Purpureum CV. Mott) Dilahan Gambut. J. Agrotek Lestari. 6 (1): 8–15.
Published
2024-08-28
How to Cite
Wijayanti, D., Astuti, P., & Ajie, I. (2024). PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR BERBAHAN BAKU SLURRY BIOGAS DENGAN PENAMBAHAN BAHAN YANG BERBEDA TERHADAP PRODUKSI RUMPUT ODOT. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 11, 54-59. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2685
Section
Articles