UMUR DAN JENIS KELAMIN TERHADAP KEJADIAN TREMATODIASIS PADA TERNAK KAMBING DI KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS

  • Hafiz Aghna Nugroho Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Diana in Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
  • Mohandas Indradji Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
Keywords: umur, jenis kelamin, trematodiasis, kambing, Somagede

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui kejadian trematodiasis ternak kambing pada tingkatan umur dan jenis kelamin yang berbeda di Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas. Uji sampel dilakukan di Laboratorium Kesehatan Ternak Tipe-B Purwokerto. Sasaran penelitian ini adalah peternak dan ternak kambing pedaging di Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas. Materi yang digunakan adalah 100 sampel feses kambing dengan pengambilan 5 gram/sampel. Metode yang digunakan adalah metode survei dan purposive sampling. Metode untuk menentukan jenis cacing yang terdapat pada sampel feses yaitu uji sedimentasi. Uji sedimentasi dalam penelitian menggunakan larutan Methylen Blue 1%. Data dianalisis menggunakan analisis Chi-Square. Hasil pemeriksaan sampel feses terdapat jenis cacing trematoda yang teridentifikasi yaitu Fasciola sp. dan Paramphistomum sp. Hasil pemeriksaan sampel feses diperoleh rata-rata ternak kambing yang terinfeksi adalah umur yang lebih dari 12 bulan dengan persentase 51,55% dan berjenis kelamin betina dengan persentase 55,55% dari 27 sampel feses yang terinfeksi. Tingkat kejadian trematodiasis di Kecamatan Somagede diperoleh persentase 27% dari 100 sampel feses yang diambil.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas. 2021. Kecamatan Somagede dalam Angka 2021.
Hambal, M., A Sayuti, dan A Darmawan. 2013. Tingkat Kerentanan Fasciola Gigantica pada Sapi dan Kerbau di Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Medika Veterinaria. 7(1).
Hartono, M., PE Santosa, dan MMP Sirat. 2019. Perbandingan Bobot Badan Kambing Peranakan Etawa yang Terinfestasi Cacing Saluran Pencernaan. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu. 6(2): 122-127.
Indradji, E, E Yuwono, D Indrasanti, M Samsi, S Sufiriyanto, A Herlan, dan B Herdiana. 2018. Studi Kasus Tingkat Infeksi Cacing pada Peternakan Kambing Boer di Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu 6(1): 93-96.
Indrasanti, D, M Samsi, S Sufriyanto, MI Nafi, dan I Anandita. 2021. Trematodiasis pada Sapi Potong di Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. In Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed. 10(1).
Kristiyani, F, N Aini, dan AD Wijayanti. 2019. Evaluasi Pengobatan Trematodiasis Menggunakan Albendazol pada Sapi di Kecamatan Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Sain Veteriner 37(1): 104-111.
Nugraheni, N, MT Eulis, dan HA Yuli. 2015. Identifikasi Cacing Endoparasit pada Feses Sapi Potong Sebelum dan Sesudah Proses Pembentukan Biogas Digester Fixed Dome. Student e-Journals. 4(3): 1-8.
Purwaningsih, P, N Noviyanti, dan P Sambodo. 2017. Infestasi Cacing Saluran Pencernaan pada Kambing Kacang Peranakan Ettawa di Kelurahan Amban Kecamatan Manokwari Barat Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu. 5(1): 8-12.
Renaldy, Y, M Hartono, dan S Suharyati. 2019. Prevalensi Cacing Saluran Pencernaan Kambing Saburai pada Kelompok Ternak di Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Jurnal Riset dan Inovasi Peternakan (Journal of Research and Innovation of Animals). 3(1): 25-30.
Winarso, A, N D Kale, D M. Rihi, DT M. Hurek, PS Pello, V N. Beti, MM Moi, MJN. Boru, RY Manafe, MDE. Parera, MGM. Jo, YR. Nadja, DT Dhiu, M Cantona, LD Amleni, SJ Koanak, YV Nawa, AN Daki, dan JFL Pora. 2021. Prevalensi Trematodiasis pada Sapi Bali di Kupang Dengan Pemeriksaan Feses Metode Filtrasi. ARSHI Vet Lett. 5(1): 13-14
Published
2023-07-23
How to Cite
Nugroho, H., in, D., & Indradji, M. (2023). UMUR DAN JENIS KELAMIN TERHADAP KEJADIAN TREMATODIASIS PADA TERNAK KAMBING DI KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 10, 309-314. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/2273
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)