ANALISIS RANTAI PASOK DAN PROFIT MARGIN PEDAGANG TERNAK DOMBA DI KABUPATEN BANYUMAS

Penulis

  • Ludy Ikhwanul Jihad Animal Science Faculty, Jenderal Soedirman University Penulis
  • Nunung Noor Hidayat Animal Science Faculty, Jenderal Soedirman University Penulis
  • Yusmi Nur Wakhidati Animal Science Faculty, Jenderal Soedirman University Penulis

DOI:

https://doi.org/10.20884/1.angon.2020.2.3.p290-301

Kata Kunci:

sheep's livestock traders, supply chains, profits, marketing costs, profit margins

Abstrak

Latar Belakang. Penelitian Analisis Rantai Pasok Dan Profit Margin Pedagang Ternak Domba Di Kabupaten Banyumas dilaksanakan mulai tanggal 1 Maret sampai dengan 1 April 2020 di Kabupaten Banyumas. Tujuan Penelitian adalah mengetahui rantai pasok, profit margin dan pengaruh faktor pendidikan, jumlah penguasaan ternak dan lama pemeliharaan terhadap profit margin. Materi dan Metode. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey terhadap pedagang ternak domba yang ada di pasar hewan Kabupaten Banyumas. Penetapan sampel menggunakan snowball sampling sebanyak 30 responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji regresi. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan pedagang ternak domba dari fungsi dan perannya dibedakan menjadi pedagang pungumpul keliling dan pedagang pengumpul. Aktifitas pedagang membentuk rantai penjualan ternak domba yang terbagi menjadi dua pola pemasaran yaitu pola pemasaran satu melibatkan peternak, pedagang pengumpul keliling dan konsumen serta pola pemasaran dua melibatkan peternak, pedagang pengumpul keliling, pedagang pengumpul dan konsumen. Biaya pemasaran rata rata Rp 94.267, harga beli ternak domba rata-rata Rp 4.560.000, total biaya rata-rata Rp 4.654.267, penerimaan ternak domba rata rata Rp 5.041.500, pendapatan pedagang ternak domba rata-rata Rp387.233 dalam satu hari pasar serta profit margin lembaga pemasaran satu 9,41% dan lembaga pemasaran dua 6,67%. Simpulan. Variabel yang mempengaruhi profit margin pedagang ternak domba di Kabupaten Banyumas adalah tingkat Pendidikan, jumlah penguasaan ternak dan lembaga pemasaran.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Alatas, M., M. Sasmi dan L. D. Roza. 2019. Analisis Keuntungan Pedagang Sapi Potong Di Pasar Ternak Simpang Raya Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Green Swarnadwipa 1 (1): 1-10.

Budiarsana, G.M., B. Wibowo dan D. Priyanto. 2016. Produktivitas dan Rantai Pasok Ternak Kambing dan Domba (KADO) Studi Kasus di Kabupaten Tegal. Jurnal Ilmu Ternak. 16 (2): 35-42.

Elizabeth R, Rusdiana S, Romjali E. 2013. Marjin pemasaran ternak ruminasia (kambing) dalam pemenuhan kebutuhan konsumen: Analisis ekonomi. Dalam: Djoko M, Harisdudin, Danar P, Adi MPN, Rahayu, Widiyanto, Rysca I, Yuli Y, Setya HB, penyunting. Prosiding Seminar Nasional. Surakarta (Indonesia): Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret. Hlm. 331-337.

Harmoko S. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Kualitas Layanan Di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. 2(2):165-188

Heryadi, A. Y. 2011. Pola Pemasaran Sapi Potong Di Pulau Madura. J-SEP 5(2): 38-46.

Lalus, M. F., M. Krova, M. R. D. Ratu dan O. H. Nono. (2019). Analisis Distribusi Margin Di Antara Lembaga-Lembaga Pemasaran Ternak Sapi Potong Di Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Jurnal Nukleus Peternakan 6(2): 63?0.

Manik, S.B., S.I. Santosa, Dan W. Sumekar. (2015). Rentabilitas Usaha Ternak Domba Batur Di Kabupaten Banjarnegara. JITP Vol. 4 (1): 45-49.

Mulyono, A. D., W. Sumekar dan Dwi Sunarti. 2017. Analisis Profitabilitas Pengembangan Usaha Ternak Itik Petelur Di Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Jurnal Imu Peternakan Terapan. 1(1):8-16

Mutmainah, N., M. H. Hadiana, dan S. Kuswaryan. 2016. ANALISIS ONGKOS TRANSFER Pemasaran Domba Di Pasar Hewan Tanjungsari Transfer Cost Analysis Of Marketing Sheep In Tanjungsari Livestock Market. Students e-Journal. 5 (3): 1-16.

Nuraeni, N., dan M. F. I. Aryadi. 2020. Identifikasi Pasar, Komoditas, dan Margin Bersih Usaha Pasar Rumput di Wilayah Pembibitan Sapi PO Kebumen Kabupaten Kebumen. Jurnal Peternakan Indonesia 22 (1): 38-47.

Nuraina, E. 2012. Pengaruh kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan hutang dan nilai perusahaan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi. 4(1): 51-70.

Putri, G. N., D. Sumarjono dan W. Roessali. 2019. Analisis Pendapatan Usaha Sapi Potong Pola Penggemukan Pada Anggota Kelompok Tani Ternak Bangunrejo II Di Desa Polosiri Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian 3(1): 39-49,

Rahmah U.I. L. 2015. Analisis Pendapatan Usaha Ternak Ayam Ras Pedaging Pada Pola Usaha Yang Berbeda Di Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka. Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan 3(1): 1-15

Rusdiana S. dan L. Praharani. 2015. Peningkatan Usaha Ternak Domba Melalui Diversifikasitanaman Pangan: Ekonomi Pendapatan Petani. Agriekonomika. 4 (1) : 80-98.

Wibow, B., S. Rusdiana dan U. Adiati. 2016. Pemasaran Ternak Domba Di Pasar Hewan Palasari Kabupaten Indramayu. Agriekonomika. 5 (1): 80-96.

Diterbitkan

2020-11-27

Cara Mengutip

ANALISIS RANTAI PASOK DAN PROFIT MARGIN PEDAGANG TERNAK DOMBA DI KABUPATEN BANYUMAS. (2020). ANGON: Journal of Animal Science and Technology, 2(3), 290-301. https://doi.org/10.20884/1.angon.2020.2.3.p290-301

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>