RANTAI PASOK DAN PROFIT MARGIN PELAKU PEMASARAN KAMBING PERANAKAN ETAWA KALIGESING DI KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO
Keywords:
rantai pasok, profit margin, pemasaran, kambing peranakan etawa, Kaligesing, PurworejoAbstract
Penelitian ini berjudul "Rantai Pasok dan Profit Margin Pelaku Pemasaran Kambing Peranakan Etawa Ras Kaligesing di Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo," yang dilaksanakan dari tanggal 3 Maret 2023 hingga 13 Maret 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi rantai pemasaran dan profit margin, serta untuk menguji adanya perbedaan profit margin yang diperoleh pelaku pemasaran Kambing Peranakan Etawa Ras Kaligesing di Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Sampel wilayah ditentukan secara purposive sampling dan responden dipilih secara incidental dengan metode snowball sampling, menghasilkan 30 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, profit margin, dan uji beda Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukan rantai pasok Kambing Peranakan Etawa Ras Kaligesing di Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo terdiri dari tiga jalur pemasaran utama dan melibatkan peternak, pelaku pemasaran tingkat pertama, pelaku pemasaran tingkat kedua dan konsumen. Profit margin yang diperoleh pelaku pemasaran Kambing Peranakan Etawa Kaligesing menunjukkan bahwa pelaku pemasaran tingkat pertama memiliki profit margin sebesar 21,49%, sedangkan pelaku pemasaran tingkat kedua memiliki profit margin sebesar 24,29%. Hasil uji komparasi menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,473, yang mengindikasikan tidak adanya perbedaan yang signifikan dalam profit margin antara pelaku pemasaran tingkat pertama dan tingkat kedua.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Wildan Kamil, Krismiwati Muatip, Novie Andri Setianto (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.