PERFORMA PRODUKSI DAN BOBOT LEMAK ABDOMINAL AYAM BROILER YANG DIBERI AIR MINUM MENGANDUNG KOMBINASI EKSTRAK DAUN SAMBILOTO (Andrographis Paniculata) DAN DAUN SIRSAK (Announa Muricata L)

  • Novia Rahayu Universitas Perjuangan, Tasikmalaya
  • Putri Dian Wulansari Universitas Perjuangan, Tasikmalaya

Abstract

Penelitian mengenai “Performa Produksi dan Bobot Lemak Abdominal Ayam Broiler yang Diberi Air Minum Mengandung Kombinasi Ekstrak Daun Sambiloto (Andrographis paniculata N) dan Daun Sirsak (Announa muricata L) ” telah dilaksanakan di Kampung Sindangreret RT/RW 04/01, Desa. Sukasukur, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya pada 5 Agustus – 9 September 2017. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian air minum mengandung kombinasi ekstrak daun sambiloto dan daun sirsak yang menghasilkan performa produksi (konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum) paling baik dan bobot lemak abdominal paling rendah. Percobaan menggunakan metode eksperimen dengan empat macam perlakuan dan lima kali ulangan. Kombinasi ekstrak daun sambiloto dan daun sirsak yang ditambahkan ke dalam air minum perlakuan sebagai berikut : P0 (0% kombinasi ekstrak/L air minum), P1 (1% kombinasi ekstrak/L air minum), P2 (5% kombinasi ekstrak/L air minum), P3 (10% kombinasi ekstrak/L air minum). Uji polinomial Ortogonal digunakan untuk melihat kecenderungan peningkatan atau penurunan respon akibat perlakuan. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa pemberian kombinasi ekstrak daun sambiloto dan daun sirsak dalam air minum berpengaruh menurunkan bobot lemak abdominal. Pemberian kombinasi ekstrak daun sambiloto dan daun sirsak sebesar 10% dalam air minum menunjang penurunan bobot lemak abdominal paling efektif.

Kata Kunci: ekstrak daun sambiloto, ekstrak daun sirsak, performa produksi, bobot lemak abdominal, ayam broiler

Published
2018-05-20
How to Cite
Rahayu, N., & Wulansari, P. (2018). PERFORMA PRODUKSI DAN BOBOT LEMAK ABDOMINAL AYAM BROILER YANG DIBERI AIR MINUM MENGANDUNG KOMBINASI EKSTRAK DAUN SAMBILOTO (Andrographis Paniculata) DAN DAUN SIRSAK (Announa Muricata L). PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 5, 338. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/78
Section
Articles