PERBANDINGAN KEUNTUNGAN DAN EFISIENSI EKONOMI USAHA TERNAK SAPI PERAH DAN SAPI POTONG (STUDI KASUS DI DESA LIMPAKUWUS KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS)

  • Dwi Ria Musriawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
  • Lilis Siti Badriah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
  • Nunik Kadarwati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
Keywords: efisiensi ekonomi, keuntungan usaha, ternak sapi potong, ternak sapi perah

Abstract

Pembangunan agribisnis berbasis peternakan merupakan salah satu program yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Tetapi fenomena yang ada di masyarakat menunjukkan bahwa peternakan sapi perah dan sapi potong yang diusahakan oleh rakyat juga masih mengalami kendala antara lain kecilnya skala usaha karena keterbatasan modal dan ketrampilan peternak. Sehingga usaha ternak sapi perah rakyat umumnya hanya dijadikan sebagai usaha sambilan selain bertani sebagai usaha utama. Kecamatan Sumbang merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Banyumas yang memiliki potensi pengembangan usaha ternak sapi. Terdapat dua jenis usaha ternak sapi, yaitu ternak sapi potong dan ternak sapi perah. Kecamatan Sumbang memiliki jumlah peternak sapi yang tinggi, tetapi jumlah produksi dan produktivitas usahanya masih relatif terbatas. Rendahnya produktivitas ini berpengaruh pada keuntungan usaha yang diperoleh peternak dan juga berpengaruh pada motivasi peternak untuk melakukan usaha ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan keuntungan dan efisiensi ekonomi usaha ternak sapi perah dan sapi potong di Desa Limpakuwus Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 25 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda dua rata-rata dan analisis R/C ratio. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keuntungan antara usaha ternak sapi potong dan sapi perah di Desa Limpakuwus. Usaha ternak sapi perah memiliki keuntungan yang lebih besar dibandingkan usaha ternak sapi potong dan kegiatan usaha ternak sapi potong dan sapi perah di Desa Limpakuwus sudah efisien secara ekonomi.

Published
2020-07-21
How to Cite
Musriawati, D., Badriah, L., & Kadarwati, N. (2020). PERBANDINGAN KEUNTUNGAN DAN EFISIENSI EKONOMI USAHA TERNAK SAPI PERAH DAN SAPI POTONG (STUDI KASUS DI DESA LIMPAKUWUS KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS). PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 7, 129-137. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/459
Section
Articles