ANALISIS KEUNTUNGAN PEDAGANG PENGECER TELUR AYAM RAS DI PASAR PINASUNGKULAN KOTA MANADO (STUDI KASUS)
Abstract
Telur ayam ras merupakan bahan pangan yang mengandung protein cukup tinggi dengan susunan asam amino lengkap. Secara umum telur ayam ras merupakan pangan hasil ternak yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat. Selain digunakan dan dimanfaatkan sebagai bahan pangan, telur juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pangan dalam proses pembuatan kue. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keuntungan pedagang pengecer telur ayam ras di Pasar Pinasungkulan Kota Manado. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. pengumpulan data dengan pengamatan dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total biaya perbulan sebesar Rp. 120.088.000 dengan rata-rata sebesar Rp. 17.155.428,57. Total pendapatan perbulan sebesar Rp. 161.271.000 dengan rata-rata sebesar Rp. 23.038.714,29 sedangkan keuntungan yang diperoleh pedagang pengecer telur ayam ras sebesar Rp. 41.183.000 dengan rata-rata sebesar Rp. 5.883.285,71.
References
Kasmar. Hadini, H dan Sani., L. (2022). Analisis Pemasaran Telur Ayam Ras Pada Unggas Tani Jaya Kecamatan Baruga Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Peternakan. Vol 4. No 3, Hal 196-206.
Kotler. (2016). Principles of Marketing. England. Pearson Education Limited.
Leondro. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Peternakan Bapak Andika Desa Ngadireso Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Jurnal Sains Peternakan. Vol 5. No 1, Hal 29-38.
Ijlal. (2022). Analisis Pemasaran Telur Ayam Ras Di Pasar Tradisional Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmu Pertanian. Vol 1. No 2, Hal 37-243.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.