PERSEPSI DAN ATRIBUT PENENTU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAGING BABI DI PASAR TRADISIONAL KAWANGKOAN KABUPATEN MINAHASA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi konsumen dan atribut penentu
terhadap keputusan pembelian daging babi di Pasar Tradisional Kawangkoan. Penelitian menggunakan
metode pengambilan sampel secara sengaja (purposive sampling) dengan pertimbangan tertentu. Dari
sampel responden diambil data variabel persepsi konsumen dan atribut penentu sebagai variabel bebas, dan
keputusan pembelian sebagai variabel terikat, di mana ketiga variabel diukur menggunakan skala Likert.
Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh variabel persepsi
konsumen dan atribut penentu terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil analisis menunjukkan tidak
ada pengaruh persepsi konsumen dan atribut penentu terhadap keputusan pembelian daging babi di Pasar
Tradisional Kawangkoan. Hal ini berarti apapun persepsi konsumen dan atribut daging babi yang diteliti
dalam penelitian ini, maka konsumen tetap mengambil keputusan pembelian daging babi oleh karena
kebutuhan atau faktor lain yang lebih mempengaruhi keputusan pembelian daging babi oleh konsumen.