ANALISIS SALURAN PEMASARAN KELINCI PEDAGING DI BANYUMAS

  • Ilham Wardoni Program Studi Magister Agribisnis, Univesitas Jenderal Soedirman
  • Novie Andri Setianto Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Yusmi Nur Wakhidati Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
Keywords: agribisnis kelinci, saluran pemasaran, margin pemasaran

Abstract

Kelinci jenis pedaging memiliki potensi tinggi sebagai penghasil daging konsumsi masyarakat. Kandungan protein daging kelinci tinggi dan kadar lemak rendah. Pertumbuhan anakan yang relatif cepat dan jumlah anakan banyak sampai sepuluh ekor, menjadi keunggulan utama budidaya kelinci pedaging. Tujuan riset ini untuk mengetahui dan menganalisis jalur pemasaran dan margin pemasaran kelinci pedaging di Banyumas. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2022. Penelitian bersifat deskriptif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan daftar pertanyaan. Data dianalisis secara deskriptif dan perhitungan menggunakan analisis Farmer’s Share. Hasil penelitian menyebutkan bahwa terdapat empat jalur pemasaran kelinci jenis pedaging. Saluran I (peternak - pengepul kecil - pengepul besar - warung sate kelinci) memiliki nilai margin pemasaran sebesar Rp 25,000,00. Saluran II (peternak - pengepul besar – warung sate kelinci) memiliki margin pemasaran sebesar Rp 20,000,00. Saluran III (peternak – pengepul besar – kirim luar daerah) memiliki margin pemasaran sebesar Rp 25,000,00. Saluran IV (peternak – warung sate kelinci) memiliki nilai margin pemasaran sebesar Rp 25,000,00. Tingkat efisiensi pemasaran paling tinggi pada saluran II yaitu sebesar 66,66 persen.

References

Brahmantiyo, B., Priyono., 2016. Pendugaan Jarak Genetik Kelinci (Hyla, Hycole, Hycolex NZW, Rex dan Satin) Melalui Analisis Morfometrik. Balai Penelitian Ternak, Badan Litbang Pertanian. Bogor.
Kotler, P,. Keller, K, L,. 2011. Manajemen Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka. Jakarta.
Kotler, P., Philips, G. 2015. Principles of Marketing. Edisi ke-16. Prentice Hall, Upper Saddle River NJ, USA.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Rangkuti, A, Y,. Supriana, T,. Lubis, S, N,. (2016) Analisis Tataniaga Kelinci (KELINCI (Orictolagus, Spp.) Di Kabupaten Karo. Jurnal Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Published
2022-06-29
How to Cite
Wardoni, I., Setianto, N., & Wakhidati, Y. (2022). ANALISIS SALURAN PEMASARAN KELINCI PEDAGING DI BANYUMAS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 9, 428-435. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/1715
Section
Articles