ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGGUNAAN E- COMMERCE BAGI USAHA MIKROKECIL MENENGAH PENGOLAHAN HASIL PETERNAKAN DI KOTA PAYAKUMBUH
Abstract
Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kota Payakumbuh sangat pesat. UMKM merupakan salah satu prioritas dalam pembangunan ekonomi di daerah ini karena merupakan salah satu tulang punggung ekonomi rakyat. Namun sayangnya masih banyak potensi usaha lokal daerah yang masih kesulitan dalam melakukan pemasaran produk, padahal kualitas produk sudah mampu menjangkau ke negara tetangga untuk ekspor. Semakin berkembangnya teknologi maka semakin meningkat pula akses internet yang menimbulkan dampak meningkatnya transaksi jual beli melalui media e-commerce ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan e-commerce pada UMKM pengolahan hasil peternakan di Kota Payakumbuh. Analisis data yang digunakan adalah regressi linier Berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa faktor kebermanfaatan, kemudahan, sikap pengguna, norma subjektif dan kontrol perilaku berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-commerce oleh pelaku UMKM yang mengolah produk peternakan.
References
Baum, David, 1999. E-Commerce. New Jersey: oracle corp. 7 pp.436
Bhattacherjee A., 2000. Acceptance of e-commerce services: The case of electronic brokerages. August 2000. IEEE Transactions on Systems Man and Cybernetics-Part A Systems and Humans 30(4):411 – 420. DOI: 10.1109/3468.852435
Davis, & Fred, D. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A comparison of two Teoritical Models. In Management Science, 35 (8) (pp. 982-1002).
Dwitasari M.& Dr. Zaki Baridwan, SE., MSi., Ak. 2014. Faktor Determinan Minat Individu Menggunakan M-Commerce: Technology Acceptance Model yang Dimodifikasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Vol 2, No 1
Eriyani,Wiyono, 2012. Pengaruh Sikap, Persepsi Kontrol Perilaku, Dan Norma Subjektif Pada Niat Beli Kosmetik Organik: Studi Pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Fokus Manajerial volume 11, No. 2, 2012: 140 - 154
Fatmawati E., 2015, Penerapan Tam Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra, 9 No.01Mei, 2015
Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20 (edisi kelima). Semarang.; Universitas Diponegoro.
Iman, N. (2009). Mengenal E-commerce. www.nofieiman.com. Di akses pada 20 Juni 2021
Jasra, Javed Mahmood and Khan, Muhammad Asif and Hunjra, Ahmed Imran and Rehman, Rana Aziz Ur and Azam, Rauf I. 2011. Determinants of Business Success of Small and Medium Enterprises. International Journal of Business and Social Science Vol. 2 No. 20; November 2011. 274 – 280
Lesmono, I. D. 2015. Pengaruh Penggunaan E-Commerce bagi Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Jurnal Manajemen Kewirausahaan. Vol 3. No 1.
Novitasari. S. & Baridwan. Z. (2015) Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Resiko, Persepsi Manfaat, dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Niat Penggunaan Sistem E-Commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Universitas Brawijaya, volume 3 no 1.
Philip, Mathew. 2010. Factors Affecting Business Success of Small & Medium Enterprises (SMES). Sri Krishna International Research & Educational Consortium. Volume 1, Issue 2. ISSN 2229-4104 Diakses pada 03 Mei 2021
Sari, Kurnia. 2012. Analisa Harga dan Pemasaran untuk Meningkatkan Profitabilitas UKM Kerajinan Kulit dengan Sistem Dinamik (Studi Kasus: Dwi Jaya Abadi Tanggulangin Sidoarjo). Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Ul-haq, Muhammad Abrar, Mohd Razani Mohd Jali and Gazi Md Nurul Islam. 2015. Factors Affecting Small and Medium Enterprises (SMES) Development in Pakistan. American-Eurasian J. Agric. & Environ. Sci. ISSN 1818 - 6769.