HUBUNGAN DINAMIS KELOMPOK DAN MOTIVASI KELOMPOK PETANI KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) DI KABUPATEN PURWOREJO (STUDI KASUS DI KECAMATAN KALIGESING)

  • Muhammad Nuskhi Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Lucie Setiana Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: dinamika kelompok, motivasi anggota

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat dinamika kelompok dan motivasi anggota kelompok peternak kambing peranakan etawa, (2) mengetahui hubungan antara dinamika kelompok dan motivasi anggota kelompok peternak kambing peranakan etawa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Variabel yang diamati adalah dinamika kelompok (Y) yaitu tujuan kelompok (Y1), struktur kelompok (Y2), fungsi tugas (Y3), kekompakan kelompok (Y4), efektivitas kelompok (Y5), dan motivasi kelompok (X). Hasil penelitian memperlihatkan dinamika kelompok peternak kambing PE di Kabupaten Purworejo dalam kategori tinggi, sedangkan motivasi kelompok peternak kambing PE di Kabupaten Purworejo termasuk dalam kategori tinggi. Variabel dinamika kelompok yang berhubungan dengan motivasi kelompok adalah tujuan (Y1), fungsi tugas (Y3), kekompakan kelompok (Y4), efektivitas kelompok (Y5).

Published
2021-06-28
How to Cite
Nuskhi, M., & Setiana, L. (2021). HUBUNGAN DINAMIS KELOMPOK DAN MOTIVASI KELOMPOK PETANI KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) DI KABUPATEN PURWOREJO (STUDI KASUS DI KECAMATAN KALIGESING). PROSIDING SEMINAR TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP) FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN, 8, 567-573. Retrieved from http://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/1221
Section
Articles