RASIO ASETAT/PROPIONAT PADA PAKAN DOMBA BERKROMIUM ORGANIK YANG DISUPLEMENTASI BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN RUMPUT LAUT (Gracilaria sp.)

  • Imam Sutrisno Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman
  • Caribu Hadi Prayitno Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman
  • Titin Widiyastuti Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman
  • Munasik Munasik Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: bawang putih, rumput laut, chromium organik, total VFA, rasio asetat/propionat, domba

Abstract

Pakan dengan serat kasar tinggi (pakan kualitas rendah) berdampak terhadap peningkatan populasi protozoa, dimana protozoa akan memangsa bakteri selulolitik sehingga proses pencernaan serat akan terganggu dan meningkatnya bakteri metanogenik. Kondisi ini dapat di atasi melalui suplementasi bawang putih dan rumput laut. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh suplementasi bawang putih dan rumput laut dalam pakan domba berkromium organik terhadap total VFA dan Rasio Asetat/Propionat. Materi yang digunakan adalah 18 ekor domba ekor tipis jantan dengan rataan bobot badan 15±2 kg. Pakan basal yang diberikan sebanyak 4,5% dari bobot badan ternak yang terdiri dari 70% hijauan dan 30% Konsentrat, 1,5 ppm mineral Chromium organik, 3,6% tepung rumput laut, 250 ppm bawang putih serta air minum. Hasil penelitian menunjukan bahwa suplementasi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap total VFA dan rasio asetat/propionat. Rataan konsentrasi Total VFA berkisar antara 103,00±13,07 - 108,33±10,91 mM, dan rataan rasio asetat/propionate berkisar antara 0.94±0.19 - 1.04±0.17. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Suplementasi tepung 250 ppm bawang putih dan 3,6% rumput laut dalam pakan domba berkromium organik tidak berpengaruh terhadap total VFA dan rasio asetat/propionat yang dihasilkan, namun penambahan 3,6% rumput laut memberikan respon yang lebih baik.

Published
2021-06-28
How to Cite
Sutrisno, I., Prayitno, C., Widiyastuti, T., & Munasik, M. (2021). RASIO ASETAT/PROPIONAT PADA PAKAN DOMBA BERKROMIUM ORGANIK YANG DISUPLEMENTASI BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN RUMPUT LAUT (Gracilaria sp.). PROSIDING SEMINAR TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP) FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN, 8, 252-258. Retrieved from http://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/1154
Section
Articles