KAPASITAS WANITA TANI TERNAK DALAM PEMANFAATAN PUPUK ORGANIK (Kasus pada Program Kawasan Rumah Pangan Lestari Di Kelompok Wanita Tani Harja Rahayu di Desa Raharja Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang)

  • Lilis Nurlina Staf Fakultas Peternakan Unpad
  • Syahirul Alim Staf Fakultas Peternakan Unpad
  • Marina Sulistyati Staf Fakultas Peternakan Unpad
  • Eneng Fitri Alumni Fakultas Peternakan Unpad

Abstract

Penelitian terkait kapasitas wanita tani ternak dalam  pemanfaatan pupuk organik pada Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) telah dilaksanakan pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Harja Rahayu di Desa Raharja, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kapasitas wanita tani ternak  terhadap pemanfaatan pupuk organik dalam program KRPL dilihat dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilannya. Penelitian ini menggunakan metode sensus dengan jumlah responden sebanyak 20 orang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan  kapasitas pengetahuan dan sikap anggota KWT dalam pemanfaatan pupuk organik termasuk kategori tinggi (55%), kapasitas dalam aspek keterampilan anggota KWT termasuk kategori tinggi (50%), serta terdapat hubungan yang kuat antara kapasitas pengetahuan  dan sikap  dengan kapasitas keterampilan dalam pemanfaatan pupuk organik dengan koefisien korelasi (rs) sebesar 0,864.

Kata Kunci: Kapasitas, Pemanfaatan Pupuk Organik, Program KRPL.

Published
2018-05-24
How to Cite
Nurlina, L., Alim, S., Sulistyati, M., & Fitri, E. (2018). KAPASITAS WANITA TANI TERNAK DALAM PEMANFAATAN PUPUK ORGANIK (Kasus pada Program Kawasan Rumah Pangan Lestari Di Kelompok Wanita Tani Harja Rahayu di Desa Raharja Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang). PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP), 5, 408-414. Retrieved from https://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/100
Section
Articles